Langsung ke konten utama

[REVIEW] Oxy Anti-Bacterial Acne Patch. Sticker jerawat yang bikin gagal bopeng!!!

Olla guys, gue tuh selalu punya siklus bulanan dimana jerawat akan cepat sekali muncul. Yapss! PMS (premenstrual syndrome) yaitu kumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi wanita. Kata Dr. Dina Kusumawardhani, yang gue kutip dari klikdokter.com, kenapa wajah bisa rentan banget jerawatan pas PMS, adalah karena hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh perempuan naik dan turun selama siklus menstruasi. Sedangkan kadar hormon testosteron konstan. Peningkatan kadar progesteron menstimulasi produksi sebum yaitu substansi minyak tebal yang berfungsi sebagai lubrikan kulit. Kulit juga "membengkak" dan pori-pori menutup, akibatnya sebum terkumpul di bawah kulit. Selain itu, kadar testeosteron yang lebih tinggi pada waktu menstruasi mengaktivasi kelenjar sebasea sehingga lebih banyak sebum diproduksi. Wajah perempuan dapat terlihat lebih berminyak. Minyak menjadi makanan untuk bakteri P. acnes. Bakteri ini menyebabkan keluarnya jerawat dan inflamasi kulit menjelang menstruasi.

Selain faktor internal tersebut ada juga faktor eksternal yang menyebabkan jerawat muncul. Bisa saja karena kamu gak menjaga kebersihan tangan dan wajah. Jerawat jadi rentan muncul. Nah, habit gue tuh kalo masa-masanya mau haid, entah kenapa intensitas makan makanan yang pedes dan berminyak pasti naik banget. Kayak pengennya tuh makan yang pedes-pedes terus. Kalau udah kayak gini, alamat pasti langsung muncul jerawat kecil-kecil tapi banyak dan ngeluarin nan*h putih, trus bawaannya pengen banget melocotin itu jerawat. Jadi gue fikir kayaknya emang harus nyetok si pimple patch karena itu bakal gue butuhin tiap bulan, daripada muka gue ntar bolong sewajah-wajah yakan gegara gemes gue pencet-pencetin itu jerawat. Udah sering liat pimple patch nya COSRX wara-wiri di online shop skincare, tapi gue belum sempet beli terus, tiap ke minimarket liat pimple patchnya NEXTcare juga entah kenapa gue belum kepengen beli banget. Akhirnya waktu temen gue ke Malaysia dan tanya siapa tau mau jastip, akhirnya gue titiplah si Oxy Anti-Bacterial Acne Patch.

Plester jerawat dari Oxy ini mengandung chlorhexidine acetate yang bersifat anti-bakteri untuk melawan jerawat. Sehingga, tidak hanya mampu melindungi jerawat dari bakteri dan membantu menyerap minyak serta nan*h, acne patch ini juga akan membantu menyembuhkan jerawat yang meradang pada wajah. Hydrocolloid patch dengan CMC yang dapat menyerap nan*h dan minyak di dalam jerawat seperti spons, membantu meningkatkan pemulihan jerawat. Patch ini juga dapat mempertahankan mouisture kulit yang optimal, pada saat yang bersamaan mencegah blemish (Noda pada permukaan kulit yang menyerupai titik. Hal ini disebabkan hiperpigmentasi akibat beberapa faktor, seperti bekas jerawat), patchnya yang semi transprant dan ultra-thin dengan ketebalan 0.03 mm bisa nge cover pimple kita biar tersamarkan, sweat proof dan breathable film. Oxy Anti-Bacterial Acne Patch ini mengkalim bisa double ation, menyerap minyak + anti bacterial. Dan udah terbukti secara klinis.


Acne Patch ini dikemas di box karton, warna putih dan hijau muda. Dibagian kemasannya tertera direction, caution, dan ingredients dalam bahasa Inggris. Patch nya sendiri ditempel di selembaran plastik bening, berjumlah 26 pieces berbentuk lingkaran dengan 3 ukuran patch yang berbeda-beda. Patch dengan diameter paling kecil, 0,8 cm berisi 16 pcs, patch berdiameter 1,0 cm sebanyak 5 pcs, dan 1,2 cm 5 pcs. Gue agak menyayangkan si OXY ini sih, karena patch yang diameternya paling besar justru sedikit jumlahnya, padahal jerawat gue kalo tumbuh suka gak tanggung gedenya.. :’( 

Selembaran patch nya, dicover lagi sama plastik di bagian depan dan belakang, jadi beneran higienis dan gak nyentuh packaging karton sama sekali. Expire datenya tertera di kemasan luar bagian bawah dengan font warna putih, terdapat tweezer kecil berbahan plastik warna hijau didalem boxnya, untuk ngambil patch tanpa perlu diambil langsung pake tangan. Patch-nya sendiri transparant berwarna off white agak ke krem, tapi pas d apply ke kulit warnanya gak terlalu kentara dan close to skin color gue, karena warna kulit gue kuning langsat agak sawo matang. 

Scentnya selewat ada baunya, tapi selewat doang dan agak susah di describe.… Patchnya agak tebel, jadi pas ditempel kalau dikulit gue gak bakal langsung nempel, tapi harus agak ditekan dulu, ini entah apa karena jenis kulit gue berminyak. Biasanya gue langsung ambil si patchnya dengan tangan bersih, tanpa pake tweezer, karena agak susah pas nempelin patch pake tweezer, gak bakal langsung nempel dan tetep harus diteken pake jari.

DIRECTION : 
(Berdasarkan yang tertera dikemasan)
  • Bersihkan dan keringkan wajah secara menyeluruh 
  • Ambil acne patch dari plastik film dan tempelkan tepat diatas jerawat. Tekan patch dengan gerakan perlahan.
  • Minyak dan nan*h akan terserap kedalam acne patch
  • Replace acne patch yang baru ketika patch mulai berwarna putih (tandanya patch telah menyerap minyak dengan baik) atau setelah 12 jam.
Acne Patch ini gue pake, saat ada jerawat merah yang baru muncul, atau saat jerawat yang udah ada nan*hnya, setelah pake semua rangkaian skincare rutin malem, dari mulai double cleansing sampai serum trus gue tempelin si patch ini ke jerawat gue, dan gue bawa tidur. Patch yang dipasang ukurannya harus lebih besar dari ukuran jerawatnya ya, biar acne nya ke cover semua. Nah, hasil pagi- paginya setelah gue pake semaleman adalah…… engga begitu berpengaruh ke jerawat gue. Jerawat yang merah engga begitu ngempesin, dan jerawat yang udah muncul nan*hnya pun masih belum hilang. Oke, gue fikir emang gak worth it si OXY ini. Sampe akhirnya gue gak sengaja nemu gimana cara pake acne patch ini dengan benar waktu gue browsing-browsing account nya Wishtrend. Ternyata, acne patch ini kayak plester yang menyembuhkan dan meng-calming kulit gue yang rusak karena habis dipencet.

Secara basic, jenis-jenis jerawat dibagi menjadi 3, dan dengan mengetahui ini, kamu bisa make acne patch jadi lebih maksimal.

Whiteheads
Adalah jenis jerawat yang terbentuk saat sel kulit mati, minyak, dan bakteri menyumbat pori-pori. Berbeda dengan jerawat blackhead, whiteheadberada di bawah permukaan kulit pori-pori yang tertutup.
Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Papules/ Papula
Papula merupakan fase lanjutan dari jerawat komedo yang sudah mengalami peradangan dan biasanya bisa dilihat dari benjolannya yang berwarna merah. Namun tidak ada tampilan puncak berwarna putih karena jerawat tipe ini tidak mengandung nanah. Papula terjadi saat jerawat jenis komedo tidak diobati hingga akhirnya dinding kelenjar yang terinfeksi meletus dan menyebabkan percampuran sebum dan bakteri yang menembus kulit sekitarnya.
Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Pustules/ Pustula
Jerawat tipe pustula ini memiliki tampilan seperti benjolan yang serupa dengan papula, namun di bagian puncaknya terdapat titik putih yang berupa nanah. Biasanya, jenis jerawat ini akan terasa sakit jika disentuh.
Sumber : www.youtube.com/wishtrend
CARA MENGGUNAKAN ACNE PIMPLE PATCH PADA:
Whiteheads
Sumber : www.youtube.com/wishtrend

Siapkan alcohol swab, (atau kalau kamu engga punya, kamu bisa pake kapas biasa yang udah dibasahi dengan alcohol), comedo remover/ sendok UNA yang bisa kamu dapetin ditoko kecantikan atau online shop, dan tentunya yang terakhir, siapin Oxy Anti-Bacterial Acne Patch.
Sumber : www.google.com
Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Bersihkan kedua ujung sisi sendok UNA dengan alkohol swab

Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Bersihkan area whiteheads yang akan ditempel acne patch dengan alcohol swab

Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Tekan atau pop whiteheads dengan menggunakan ujung sendok una yang runcing.
Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Tekan/ pencet bagian whiteheads dengan ujung sendok UNA yang berbentuk lingkaran. Tekan sampai whiteheadsnya bener-bener keluar. Bersihkan dengan kapas.
 Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Apply acne patch tepat diatas whiteheads yang kamu squeeze tadi, dan biarin selama kurang lebih 12 jam.

Papules/ Papula
Khusus untuk jenis jerawat ini, sebenernya kurang tepat penanganannya kalau pake si acne patch. Jika jenis jerawat papules yang lagi meradang dan bentuknya merah melebar, sebaiknya kamu hubungi dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Tapi jika papules masih pada tahap step awal, kamu bisa totolin pink powder atau obat jerawatnya Sari Ayu yang mengandung belerang.
 Sumber : google.com
 Sumber : google.com
Pustules/ Pustula
Sumber : www.youtube.com/wishtrend

Siapkan alcohol swab,  sendok UNA, acne pimple patch, dan calming cream atau obat jerawat.
 Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Bersihkan kedua ujung sisi sendok UNA dengan alkohol swab
  Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Tekan atau pop pustules yang sudah dibersihkan dengan ujung sendok UNA yang memiliki sisi yang runcing.
Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Tekan/ pencet bagian jerawat pustules dengan ujung sendok UNA yang berbentuk lingkaran. Tekan sampai bener-bener keluar semua nan*h dan darah kotornya. 
Sumber : www.youtube.com/wishtrend

  Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Bersihkan bagian pustules dengan menggunakan alcohol swab
Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Apply acne patch pada bekas pustules yang telah dibersihkan untuk melindungi kulit wajah dari infeksi.
Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Ketika tempelan patch berubah warna menjadi putih, remove patch dari wajah.
Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Apply calming cream atau obat totol jerawat pada pastules
 Sumber : www.youtube.com/wishtrend
Oleskan sesering mungkin untuk mengurangi kemerahan dan mereproduksi sel-sel kulit.
CAUTION:
  • Simpan produk ditempat kering dan hindari dari paparan sinar matahari langsung.
  • Tutup kembali kemasan dan simpan patch jerawat yang tidak digunakan di tempat yang dingin (sejuk).
  • Hindari membuka tempel patch yang tidak dipakai pada plastik film karena akan mempengaruhi tingkat kelengketan produk
  • Hentikan pemakaian jika terjadi iritasi, segera konsultasi secara medis.
  • Jangan digunakan pada luka yang sedang terinfeksi 
  • Tidak direkomendasikan untuk dighunakan bersamaan dengan krim atau salep karena mungkin akan mempengaruhi kerekatan patch. Jika memang perlu memakai obat totol jerawat atau krim. Biarkan meresap terlebih dahulu, setelah benar-benar kering, baru tempelkan Oxy Anti-Bacterial Acne Patch
Price : Rp. 50.000
Buy on : Jastip Temen di Malaysia
Volume : 26 pieces
Ingredients : Cellulose Gum, Pentaerythrityl Hydrogenated Rosinate, Chlorhexidine Diacetate, Pentaerythrityl Tetra-di-t-butyl Hydroxyhydrocinnamate.
Production : Taiwan
Website : http://www.oxy.com.my/acnoplex/
  • Travelable
  • Isi patchnya lumayan buat persediaan kalau jerawatan mau PMS
  • Harganya bersahabat
  • Ampuh kalau cara pakenya sesuai dengan cara yang di jabarin sama Wishtrend
  • Re purchase?? YASS
Ukuran patch untuk diameter besar jumlahnya gak terlalu banyak.
Kalau dipake dengan benar, acne patch ini bisa bener-bener ampuh buat mengurangi iritasi dan membantu menyembuhkan jerawat yang sedang meradang.

Sekian review Oxy Anti-Bacterial Acne Patch dari gue! semoga bermanfaat dan selamat mencoba pake pimple patch dengan cara baru!! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[REVIEW] COSRX AHA/BHA CLARIFYING TREATMENT TONER

Olla guys!! Pernah ngalamin kulit kusam, gak bercahaya, atau burikan gak sih? Trus kalau udah kayak gini, biasanya gue selalu fokus pake facial wash atau serum yang fungsinya untuk mencerahkan. Padahal penyebab kulit kusam bisa jadi akibat dari penumpukan sel kulit mati, that’s way pentingnya exfoliating buat kulit wajah kamu. Awal tau product berbasis AHA/BHA dari seringnya pantengin video-vidio skincare , penasaran dan akhirnya belilah gue, si produk chemical exfoliating ini, COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner . Awalnya karena ikut-ikutan tanpa tau sepenting apa sih exfoliating buat kulit. Kalo kamu nyadar kulit bayi tuh kan lembut dan sehat banget ya kan… itu karena kemampuan kulit untuk terus beregenerasi masih kuat dan bagus. Nah, makin bertambahnya usia kita, kemampuan untuk melepaskan sel kulit mati dan meregenerasi sel baru semakin menurun, peremajaan melambat. Umumnya sel kulit dapat beregenerasi sendiri setiap 28 hari. Jadi setiap sel baru muncul, sel kul

[REVIEW] COSRX Advance Snail 96 Mucin Power Essence. Beres semua bruntusan diwajah!!

Olla guys, beberapa bulan lalu lagi pusing banget masalah bruntusan gak kunjung ilang yang bertebaran di daerah dahi, ditambah lagi kalau kondisi kulit lagi gak sehat, masalah hyperpigmentation suka mucul, kulit kusam dan minyakan kalau lagi banyak beraktivitas di luar ruangan dan bikin uneven skin tone. Kalau yang ngikutin 10 step skin care routine Korea pasti udah pada tau kan ada essence di salah satu stepnya, dan gue keracun Suhay Salim yang bilang si COSRX Advance Snail 96 Mucin Power Essence adalah produk yang rekomen buat menghilangkan bruntusan-bruntusan membandel dan memudarkan kemerahan bekas jerawat. Buat kamu yang asing dan bingung apa sih essence? Penting gak sih dimasukin jadi salah satu rangkaian skincare rutin?? Nah, sebelum nge- review gue mau ngebahas dulu masalah essence ini. Essence itu apa sih?   Awalnya essence ini dipopulerin sama Korea Selatan yang selalu bikin inovasi baru dibidang kecantikan (K-Beauty). Berdasarkan makalah yang ditulis o

[REVIEW] OXY 10 (Acne Pimple Medication) Obat Jerawat Ampuh, uda gak paham lagi!

Olla Guys…. Kali ini gue mau nge-review salep jerawat mujarab ---> OXY 10. Mungkin gak banyak orang tau merk ini, (setau gue sih) kecuali yang emang sering pantengin account online shop kalau ada produk-poduk baru di toko mereka. Gue sendiri tau OXY ya karena sering kepoin account-account online shop skincare , dan dari review nya banyak yang bilang ampuh dan cepet buat ngilangin jerawat. Produk ini keluaran Mentholatum USA, dan OXY ini ada levelnya guys (semacam level chicken wings ).  Images: eBay OXY Cover-up, OXY 5, dan OXY 10 , angka di merk nya itu nandain jumlah persenan Benzoyl Peroxide yang terkandung di dalam produk. OXY 5 (REGULER) artinya mengandung Benzoyl Peroxide sebanyak 5% (yang udah pernah gue bahas di postingan sebelumnya kalau zat ini, adalah one of holy grail yang bisa nyembuhin jerawat) dan cocok untuk jerawat sedang, OXY 10 (MAXIMUM) mengandung Benzoyl Peroxide 10%, untuk jerawat membandel, OXY + Whitening adalah gel anti jerawat memban

SOMEBYMI AHA-BHA-PHA 30 DAYS MIRACLE SERUM [ A Drop of Miracle ]

Olla guys!! Kayak yang dijanjiin minggu kemarin, kalau gue bakal nge-review rangkaian 30 Days Miracle nya SOMEBYMI secara berurutan. So... now wanna talk about a holy grail miracle serum . Yassss.. kepopuleran serum ini udah gak diraguin lagi dan jadi banyak perbincangan para pecinta skincare karena keajaibannya dalam 30 hari memperbaiki kulit. Tapi sebelum gue coba pake sendiri, rasanya agak kurang afdol yaa kan.. .  Jadi, ceritanya sekitaran bulan April kemarin, muka gue lagi break out parah masalah jerawat yang tiba-tiba banyak banget di daerah dagu. Jerawat besar dan kecilpun pada keroyokan dempet-dempetan cari lahan di situ. Karena anaknya tuh gampang tertarik sama iklan-iklan skincare yang bertebaran di instagram, jadilah langsung beli si serum ini.  Kalau kamu punya masalah kulit yang bener-bener ingin kamu perbaiki, kayak keriput, garis halus, bekas jerawat, atau noda hitam, nambahin serum ke ritual skincare harian kamu bisa ngebantu mengatasi semua problem kulit da

[REVIEW] NATURE REPUBLIC VS THE FACE SHOP Aloe Vera Soothing Gel

Olla guys, kali ini gue mau nge- review product yang jadi holy grail banyak orang, yaitu soothing gel aloe vera. Nah, karena yang gue punya NR (Nature Republic) sama TFS (The Face Shop), so gue bakal review si gel cantik dari ke dua brand Korea ini. Gue, pake Nature Republic karena dari sinilah gue tau ada produk skincare berbentuk soothing gel berbasis aloe vera sebagai bahan utamanya. Sebenernya aloe vera sendiri alias lidah buaya, udah sering gue pake buat masker, karena emang banyak banget taneman itu di rumah gue. Gue penasaran dan beli setelah keracunan vidio Youtube nya Suhay Salim, tapi karena harus PO dan nunggu berminggu-minggu gue beli dululah merk The Face Shop pas main ke counter nya karena rasa ketidaksabaran gue yang menggebu-gebu pengen banget nyobain kesaktiannya soothing gel . Terussss... pas paket Nature Republic nya nyampe rasa penasaran gue akan brand satu ini pun semakin mencuat sehingga membuat gue buru-buru pake si Nature Republic.  Kes

Pyunkang Yul Essence Toner [si super hydrates dikala kulit tandus saat bulan puasa]

Olla Guys!! As you know kalau gue cinta mati banget sama hydrating tonernya Klairs dan selalu repurchase . Sampe pada suatu hari, penasaran sama hydrating toner nya Pyunkang gara-gara diracunin sama temen gue sepanjang perjalanan Bandung-Jakarta karena kulit dia better banget setelah pake all seriannya Pyunkang. Kebetulan toner Klairs gue juga udah mau habis, jadilah beli si Pyunkang Yul Essence Toner ini. Toner Pyunkangpun baru gue pake sekitar 1 bulan sebelum bulan puasa kemarin, karena pemakaian yang rutin, so bye bye kulit kering akibat dehidrasi!!  Saat bulan puasa, akan ada beberapa masalah kulit yang muncul seperti kusam, pecah-pecah, dan kasar. Hal ini disebabkan dari kurangnya asupan cairan dalam tubuh selama berpuasa. Pada hari biasa, cairan akan keluar melalui buang air kecil ataupun keringat. Pada saat itu, cairan yang hilang akan digantikan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi pada saat itu juga. Beda halnya selama lagi puasa, cairan yang hilang engga bisa

[REVIEW] NATURE REPUBLIC SOOTHING & MOISTURE ALOE VERA 90% TONER Another best seller from Nature Republic

Olla Guys, review kali ini gue akan ngebahas tentang Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 90% toner . Toner ini salah satu best selling nya dari Nature Republic buat pecinta skincare di Indonesia, and… as usual tetep ya Aloe Vera. Gue suka sama produk-produk NR sih karna selama ini kulit gue bisa menerima dengan baik, dan gak ada masalah setelah pake. Hydrating toner ini diformulasiin dengan ekstrak aloe vera yang alami dan cepet banget nyerep ke kulit wajah, menenangkan dan melembapkan kulit, serta jadi step penting sebelum melakukan next skincare dan juga make up, karna setelah pake toner ini, bakalan mempermudah skincare selanjutnya dan juga make up ke apply dengan baik ke kulit wajah. Soothing & Moisture Aloe Vera 90% Toner ini punya formula ringan tanpa lemak yang bebas dari 6 bahan berbahaya seperti paraben, pewarna buatan dan minyak mineral, ini sangat memberikan nutrisi secara efektif dan memberi efek dingin pada kulit. Toner ini di kemas

SOME BY MI AHA-BHA-PHA 30 DAYS MIRACLE CREAM [Cream Super Legittt!!!] 🌱

Olla Guys, masih belum move on nih sama rangkaian 30 Days Miracle nya Some By Mi dan kali ini gue bakal review Some By Mi 30 Days Miracle Cream. Okeee, ini bakalan jadi review simple aja, berhubung ingredients cream ini memper-memper sama serum dan tonernya. So, awalnya gue beli cream ini karena emang sepenasaran itu sama rangkaian 30 Days Miraclenya Some By Mi waktu itu muka gue juga lagi breakout dan gue ngerasa kayak butuh pertolongan pertama di muka gue. Some By Mi sendiri mengklaim kalau produknya gak mengandung animal ingredients apapun, cruelty free brand dan gak melalui animal testing . Produk ini bisa digunain pada usia berapapun, kecuali balita yaa, dapat digunain untuk semua jenis kulit, dan katanya siiiih aman untuk ibu hamil, karena Some By Mi ngebuat produk ini tuh dengan ingredients yang seaman mungkin dan meminimalisir banget penggunaan ingredients yang too harsh buat kulit. Cream ini punya fungsi untuk "MENGUNCI" semua ingredients pada sk

SOME BY MI TRUECICA 100 CALMING SUNCREAM [I scream for suncream!!!]

Olla Guys!! Udah lama gak bikin review nih, kali ini tiap minggu gue bakal runut nge- review tentang one brand yang lagi gue pake, karena kemarin belinya sepaket, jadi bakal review sekalian secara berurutan.  First of all , yang bakal dibahas, kayak judulnya yaitu SOME BY MI Truecica Mineral 100 Calming Suncream. Sebelumnya sunscreen yang gue pake itu bikin greasy overwhelming banget kalo di apply , dan karena gue lagi coba rangkaian 30 Days Miracle nya Some By Mi, jadi begitu habis sunscreen merk sebelumnya, gue langsung beli sunscreen nya Some By Mi ini.  Kalau bahas mengenai  sunscreen, seberapa aware sih kalian pake tabir surya tiap harinya? Atau ada yang cukup pake foundation or BB cream yang mengandung SPF trus udah.... bakal nge protect kulit kalian dari paparan sinar matahari. Its a BIG NO NOOO GIRLS!!! APA PENTINGNYA MENGGUNAKAN SUNSCREEN SETIAP HARI?  Indonesia terletak di daerah sekitar ekuator, pas banget di tropical belt nya (sekitar sabuk tropis

[REVIEW] KLAIRS SUPPLE PREPARATION FACIAL TONER. Super Moisture!!!

Olla guys, akhir-akhir ini udara Bandung lagi gak nyantai, kalau siang panas banget, sedangkan kalo pagi sama malem suhu nya bisa sampe 13 derajat. Bikin kulit muka super kering apalagi di daerah pipi kerasa banget keringnya. Kemarin pas ke Korea, gue beli Klairs Supple Preparation Toner karena keracunan vidionya Wishtrend dan akhirnya baru di unboxing dan dipake. Si supple prep toner dari Klairs ini punya history yang bagus banget di kancah per- skincare an. Sempet jadi best toner 2015-2017 versi Soko Glam, Beauty Shortlist Awards, Glowpick dll.  Produk ini mengklaim bisa menyeimbangkan ph kulit, melembapkan, dan mengurangi peradangan pada kulit. Kulit bersinar lebih cerah dengan retensi kelembaban yang tinggi. Klairs Supple Preparation Toner ini dapat menghidrasi kulit lebih dari 20% dibandingkan toner lainnya. Buat kalian mungkin ada yang udah pake toner dari jaman SMP atau SMA tapi ya asal beli aja dan gak tau kegunaannya apaan, so... sebelum gue masuk ke review, gue