Langsung ke konten utama

[REVIEW] COSRX AHA/BHA CLARIFYING TREATMENT TONER

Olla guys!! Pernah ngalamin kulit kusam, gak bercahaya, atau burikan gak sih? Trus kalau udah kayak gini, biasanya gue selalu fokus pake facial wash atau serum yang fungsinya untuk mencerahkan. Padahal penyebab kulit kusam bisa jadi akibat dari penumpukan sel kulit mati, that’s way pentingnya exfoliating buat kulit wajah kamu. Awal tau product berbasis AHA/BHA dari seringnya pantengin video-vidio skincare, penasaran dan akhirnya belilah gue, si produk chemical exfoliating ini, COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Awalnya karena ikut-ikutan tanpa tau sepenting apa sih exfoliating buat kulit.

Kalo kamu nyadar kulit bayi tuh kan lembut dan sehat banget ya kan… itu karena kemampuan kulit untuk terus beregenerasi masih kuat dan bagus. Nah, makin bertambahnya usia kita, kemampuan untuk melepaskan sel kulit mati dan meregenerasi sel baru semakin menurun, peremajaan melambat. Umumnya sel kulit dapat beregenerasi sendiri setiap 28 hari. Jadi setiap sel baru muncul, sel kulit mati akan luruh/rontok. Pelepasan sel kulit mati pada usia yang sudah semakin beranjak “mature” (tua, maksudnyaaa…25 tahun ke atas) tidak sempurna lagi, padahal pelepasan sel kulit mati yang sempurna adalah kunci dari tampilan kulit yang sehat. Ketika sel-sel kulit mati terlalu banyak, mereka dapat menumpuk dan membuat kulit terlihat kusam. Akumulasi sel kulit mati juga dapat meningkatkan masalah kulit lain seperti wrinkle, age spots, dan juga acne. Apalagi buat kamu yang setiap harinya make up-pan, exfoliating/eksfoliasi ini wajib banget biar kulit kamu selalu bersih.

Exfoliating/eksfoliasi adalah pengelupasan sel-sel kulit mati dengan metode peeling atau dermabrasion (teknik membentuk permukaan kulit sehingga lebih rata dan halus dengan cara membuang lapisan kulit teratas) ataupun yang paling mudah menggunakan scrub. Pengelupasan mengacu pada proses di mana sel-sel kulit di permukaan lepas, ini ngebantu ngilangin sel-sel kulit mati tetapi juga membuat jalan untuk pembentukan sel kulit baru. Gak gitu banyak orang yang aware sama pentingnya exfoliating, padahal manfaatnya banyak banget buat kulit kita:

  • Membersihkan sel-sel kulit mati
Gak perlu diraguin lagi bahwa exfoliating ini bisa ngebersihin sel kulit mati secara menyeluruh, karena proses cleansing aja gak cukup untuk membersihkan sisa sel kulit mati. 
  • Memperbaiki tekstur kulit 
Salah satu manfaat exfoliating yang paling ampuh adalah memperbaiki tekstur kulit. Tentunya peran ini sangat penting untuk memperbaiki tampilan kulit yang kusam dan membuat tampilan wajah yang lebih segar, dan ini kejadian nyata kulit gue sih. Gue tuh bopengan parah dipipi kanan kiri, karena jerawat yang suka gue pocelin, Dan semenjak rajin exfoliating, baik chemical maupun physical exfoliate, kulit gue jauhhhhhh lebih baikkk pake banget. 
  • Membantu membersihkan kulit wajah secara maksimal 
Kalau kamu mengalami masalah komedo atau jerawat, exfoliating sangat membantu untuk ngebersihin pori-pori secara menyeluruh. Dengan pori-pori yang bersih, kamu pun lebih mudah dalam mencegah dan mengatasi masalah jerawat. 
  • Mencerahkan warna kulit 
Exfoliating dapat membantu mengembalikan warna cerah kulit yang ditutupi oleh sel-sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit mati terangkat, sel kulit baru yang sehat bisa berkembang untuk tampilan kulit yang cerah. 
  • Membantu produk perawatan kulit bisa diserap dengan baik 
Exfoliating menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit sehingga memudahkan produk pelembab, dan produk lainnya menembus lebih dalam dan bekerja lebih baik ketika sel-sel kulit mati kamu sudah luruh. 
  • Mencegah masalah jerawat 
Jerawat dihasilkan dari tersumbatnya minyak dalam pori-pori di bawah permukaan kulit kamu. Selain mencegah tumbuhnya komedo, eksfoliasi juga bermanfaat untuk mencegah datangnya jerawat. Ahli dermatologis Michelle Henry, menyarankan untuk menggunakan exfoliator guna mencegah jerawat. Namun perlu diingat pilih exfoliator yang aman dan tidak membuat iritasi kulit, jangan menggosok kulit secara keras saat melakukan eksfoliasi. Karena jika penggunaannya berlebihan, malah menimbulkan banyak masalah baru seperti kulit semakin kering, bahkan luka pada kulit. 
  • Meningkatkan sirkulasi dan stimulasi drainase limfatik 
Manfaat lain dari eksfoliasi yaitu melancarkan sirkulasi darah dan memberikan stimulasi drainase limfatik. Untuk membersihkan kulit dari dalam, seperti darah yang kaya akan oksigen untuk menyehatkan permukaan kulit. Selain itu juga, bekerja untuk detoks kulit yang menghilangkan racun dan sisa-sisa kotoran lainnya. Kemudian, meningkatkan kesehatan sel untuk agar kulit bersinar dan bercahaya 
  • Meningkatkan pergantian sel lebih cepat 
Jika kulit rutin di-eksfoliasi, maka regenerasi sel akan lebih cepat. Ini membuat kulit terlihat lebih bersinar, karena kulit tetap segar, sel-sel di permukaan wajahpun sehat.

Ada 2 jenis exfoliating: 
PHYSICAL EXFOLIATION 
Adalah pelepasan sel kulit mati yang menggunakan alat, bisa manual atau digosok. Contoh alat physical exfoliate adalah : clarisonic, spons, atau pumice. Sedangkan produk yang merupakan physical exfoliate biasanya memiliki tekstur kasar, karena pada umumnya mengandung ingredients seperti biji-bijian, gula, garam, dan ekstrak tanaman.

CLARISONIC
Sumber: www.google.com
SCRUB (yang termasuk produk physical exfoliate)
Sumber: www.google.com

CHEMICAL EXFOLIATION
Adalah pelepasan sel kulit mati yang dibantu oleh zat-zat kimiawi atau bahan yang berupa enzimatik. Chemical exfoliate ini bisa berupa toner atau lotion. AHA dan BHA adalah bahan yang paling umum digunakan pada chemical exfoliant, kedua senyawa ini hanya bekerja pada lapisan terluar alias pada permukaan kulit aja dan gak akan masuk hingga ke dermis atau bahkan ke jaringan dalam kulit.

AHA (Alpha Hydroxy Acid) 
Alpha hydroxy acid adalah kelompok bahan alami dan sintetis yang jika diformulasikan dengan benar, dapat mengelupas lapisan kulit paling atas. Menjadikan kulit lebih segar, halus, lebih terhidrasi, dan jika digunakan secara rutin dapat membuat kulit tampak kencang. 
Jenis AHA diantaranya adalah: glycolic acid (dari gula tebu), lactic acid (from sour milk), malic acid (from apples), citric acid (dari buah jeruk), dan tartaric acid (from grape wine). 
Namun, dari semua jenis AHA, glycolic acid dan lactic acid adalah AHA yang paling sering dilakukan penelitian, kedua AHA ini juga cenderung tidak menyebabkan iritasi, selain itu juga dapat membantu meningkatkan kolagen dan aliran darah, meningkatkan ketebalan kulit tanpa peradangan. Namun, gak semua AHA memiliki kekuatan pengelupasan yang sama. Batas aman dan efektif dari AHA agar bekerja lebih baik jika konsentrat dalam produk berkisar 5 – 10%. 
Jumlah pengelupasan ditentukan oleh jenis AHA yang digunakan, semakin banyak AHA yang terkandung dalam suatu produk, semakin kuat efek pengelupasnya. AHA terkenal efektif untuk meluruhkan sel kulit mati, mencerahkan kulit, punya anti aging properties (mengurangi garis halus). AHA ini cocok untuk jenis kulit yang cenderung kering karena memiliki water binding properties, sifatnya menahan air di dalam kulit kita jadi membuat kulit terasa lembap. AHA memiliki struktur kimia yang lebih bersifat hidrofilik, sehingga lebih mudah terpenetrasi kedalam lapisan kulit, dan lebih mudah mengeksfoliasi. Selain membantu pelepasan sel kulit mati, AHA juga terbukti bagus dalam meningkatkan ketebalan kulit, memperbaiki tingkat kolagen, dan menjaga kelembapan kulit.

BHA (Beta Hydroxy Acid) 
Kandungan BHA bersifat lipofilik (lebih terikat lemak), memiliki 2 sifat secara umum yaitu membantu proses penyembuhan luka dan pembentukan lapisan kulit. BHA cocok untuk kulit berminyak dan acne prone (berjerawat), karena sifatnya yang oil soluble, dapat larut dalam minyak, makanya dia bisa menembus pori-pori yang tertutup komedo atau minyak. Membersihkan pori agar terhindar dari penumpukan, jerawat dan peradangan. BHA gak memiliki satu pun komponen pelembap dan lebih bersifat mengeringkan. BHA dapat larut dalam minyak, karena sifat komponennya yang merupakan susunan lemak. BHA lebih juara dalam urusan mengatasi masalah jerawat, komedo, dan kulit berminyak. BHA juga bisa mencegah peradangan kulit. Batas aman dan efektif dari BHA agar bekerja lebih baik jika konsentrat dalam produknya berkisar 1 – 4%. 
Jenis BHA : Salicylic Acid, Betaine Salicylate

PHA (Poly Hydroxy Acid) 
Kandungan PHA memiliki fungsi yang sama dengan AHA, akan tetapi ukuran molekulnya lebih besar dibandingkan AHA, sehingga PHA lebih cocok digunakan untuk kulit yang sensitif. Selain itu penyerapan PHA lebih sedikit dibandingkan AHA.

Okeh, back to topic, Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini mengkalim produknya memiliki kandungan bahan-bahan natural dan air mineral. Produk ini lebih dari sekedar toner biasa, karena memiliki kandungan AHA/BHA organik yang dapat berfungsi sebagai exfoliating toner. Toner ini memiliki ingredients Salix Alba yang punya kandungan kimia dan mineral murni yang sangat kaya, anti inflamatory, memiliki sifat anti penuaan dini yang alami, kandungan mineral alami flavanoid dan tannin, berfungsi untuk mempercepat proses peremajaan kulit, meningkatkan perlindungan kulit melalui peningkatan pertumbuhan sel. Dan mereka bilang kalau toner ini bisa ngemaintain ph level kita lebih optimal, melembutkan kulit, mengatasi whiteheads dan blackheads. Natural AHA untuk memperbaiki tone kulit, dan natural BHA untuk membuat kulit menjadi halus dan lembut, membantu menghidrasi dan meremajakan kulit sehingga dapat menjadikan kulit sehat.
Packagingnya berupa box karton warna putih berukuran kurang lebih 18 cm. Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini punya desain yang simple banget, dengan perpaduan hitam, putih, dan ungu. Toner ini dikemas di botol plastik sehingga gak akan pecah kalau jatuh, dengan pengaplikasian berupa spray plus tutup plastik bening. Keuntungan produk dengan botol putih tembus pandang itu adalah, kita bisa ngecek produk itu masih banyak atau sedikit lagi, jadi kita bisa cepet-cepet repurchase kalau emang udah mau habis. Dikemasan luarnya tertera keterangan berbahasa Korea dan Inggris yang ngejelasin ingredients, how to use, dan cautionnya. Walaupun bentukannya di spray, gue sih gak pernah make dengan cara nge-spray, karena ini bukan hydrating toner, dan juga di keterangan how to use nya emang cara makenya tetep harus di semprotin ke kapas. Gue pake ini tiap malem, karena kalau paginya gue biasa pake toner dengan kandungan BHA aja. Jadi gue pake si Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini habis double cleansing, AHA/BHA toner, trus hydrating toner, essence.. dll…. 
Teksturnya watery, scentnya sama sekali gak ganggu. Pernah gue baca di artikel gitu sih katanya scent (wangi) nya dari Pyrus Malus (apple), jadi agak ada baunya tapi cuma selewat gitu, dan dikemasannya emang ditulis product has no added artificial fragrance. Di gue, produk ini ngebantu nge exfoliate walaupun engga sekenceng kalau pake scrub, dengan kandungan AHA (Glycolic Acid) BHA (Betaine Salicylate) masing-masing sebanyak 0,1% produk ini aman dipakai tiap hari. Walaupun persenannya cuma dikit, tapi tetep aja kandungan acidnya bakal ngebantu meluruhkan sel-sel kulit mati. AHA BHA aman digunakan untuk kulit sensitif, karena dia gak bekerja terlalu dalam, kedalam permukaan kulit. Karena cara kerja acid itu kayak solving, jadi dia hanya meluruhkan aja, dan secara general masih aman digunain untuk kulit sensitif.

CAUTION : 
  • Hanya untuk penggunaan luar saja (tidak diminum) 
  • Jangan digunakan pada saat kulit kamu lagi mengalami masalah dan breakout parah.
  • Stop penggunaan dan hubungi dokter jika mengalami masalah kulit setelah pemakaian. 
  • Orang dengan alergi terhadap obat aspirin akan bereaksi buruk terhadap betaine salicylate 
  • Jika mengenai mata saat menggunakan produk, segera bilas dengan air 
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak
HOW TO USE : 
AHA dan BHA paling efektif dipakai pada kulit yang bersih. Jadi, gunain produk ini setelah kamu membersihkan wajah. Setelah melakukan double cleansing, atau kalau muka kamu udah bersih, pastikan juga kulit kamu udah bebas minyak (terutama jika kamu pake cleansing oil untuk ngebersihin wajah) sebelum menggunakan produk. Tunggu hingga kulit telah benar-benar kering untuk memaksimalkan eksfoliasi, sekitar 3 – 5 menit. 
Spray Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner pada kapas dan usapkan pada wajah dengan gentle (kecuali daerah mata dan bibir). Kalau kamu mau pake buat dipagi hari, barengi pemakaian dengan sunscreen dengan SPF 30. Karena AHA itu sifatnya membuat kulit wajah mudah mengalami kemerahan saat terkena sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, kamu harus pake sunscreen setiap kali menggunakan produk yang mengandung AHA.
Buat kamu yang belum pernah pakai produk AHA/BHA sebelunya, bisa skin test dulu, dengan cara di pake 2 kali seminggu dulu aja buat liat kulit wajah kamu aman apa engga pake produk ini, karena efek sampingnya bisa iritasi atau gatal-gatal. Trus tingkatin pemakaian 3 kali seminggu dan seterusnya secara bertahap sampe kulit kamu bisa menerima produk dengan baik, sampe akhirnya bisa dipake tiap hari deh.
Price : Rp. 175.000 
Suitable for: All skin type 
Buy on : Online Shop (yang lupa nama tokonya) 
Volume : 150 ml/ 5.07 FL.OZ 
Ingredients:
Mineral Water, Salix Alba (Willow) Bark Water, Pyrus Malus (Apple) Fruit Water, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Sodium Lactate, Glycolic Acid, Water, Betaine Salicylate, Allantoin, Panthenol, Ethyl Hexanediol 
Production : COSRX INC. Seongnam-si, Gyeonggi-do, Korea 
Instagram : @cosrx , @cosrx_indonesia
Website : www.cosrx.co.kr
  • Kemasannya suka banget karena simple, higienis, dan juga transparan (jadi bisa cek banyak atau sedikitnya produk) 
  • Punya komposisi ingredients yang sedikit. Karena less is more ya kaan!! 
  • Gak mengandung alcohol dan paraben 
  • Scentnya aman (kayak hampir gak ada wanginya sih) 
  • Harganya menurut gue sebanding sama banyak isinya.
Kalau untuk exfoliate harian toner ini okelah, tapi engga ngaruh sama blackheads gue. Karena blackheads gue bakal bener-bener ilang tuh kalau udah dipakein physical exfoliate kayak scrub.
Karena kandungan AHA dan BHA yang sedikit, toner ini cocok buat kamu yang mau mulai perawatan chemical exfoliate harian, jadi aman dipake, even buat kulit yang sensitif. Gak terlalu pricey dan bakal gue repurchase.

Sekian review COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner dari gue. Kalau kalian ada yang pernah coba dan efeknya beda dikulit kalian, plis let me know in the comments below. I'd love to hear from you guys!

Komentar

  1. Hallo Dicha... sorry for late reply.. :)

    Sehabis pake toner COSRX trus pake toner nature republic, boleh banget. Karena memang urutan skincare yang bener itu pake exfoliating toner (COSRX) baru setelahnya pake hydrating toner (nature republic) karena setelah kulit kita di eksfoliasi atau diangkat sel-sel kulit mati, baiknya kita menghidrasi kulit kita dengan hydrating toner yang punya sifat melembapkan.

    Nah, kalau kamu habis pake clay mask, sangat engga disarankan lanjut pake cosrx, karena kedua merk itu sama-sama punya sifat eksfoliasi kulit, yang ada kulit kamu makin kering dan rusak. Apalagi masker jeju volcanic clay mask innisfree sifatnya fisikal eksfoliasi, yang bersentuhan langsung dengan kulit luar kamu. Lebih baik, habis maskeran clay mask, kamu pakenya toner nature republic.

    BalasHapus
  2. Hai kak.. Mau tanya nih. Kalo urutan pemakaiannya COSRX AHA/BHA Clarifying (exfo toner) trus dilanjut Emina the bright stuff (hydra toner) trus dilanjut COSRX Advanced snail (essence) itu udh bener blm kak? Oiya pemakaian COSRX AHA/BHA boleh dibarengin sama COSRX Advanced snail ngga kak?
    Sebelumnya maaf ya kak aku banyak tanya hehe :>

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo !!
      yass, pemakaiannya sudah benar. Boleh kok COSRX AHA BHA dan Advance Snail boleh dipakai berbarengan...

      Hapus
  3. Hallo,
    Urutan pemakaiannya sudah benar.... AHA/BHA Clarifying - The Bright Stuff - Advance Snail

    Boleh banget, soalnya AHA/BHA dan Advanced Snail adalah dua hal yang punya fungsi berbeda untuk kulit jadi bisa dipakai berbarengan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tanya kak klo pake AHA/BHA itu sebelum Toner viva/sesudahnya mksih

      Hapus
    2. Hallo,
      pemakaian AHA BHA sebelum memakai toner Viva :)

      Hapus
    3. Halo kak, tapi kata kakak pemakaian ini setelah double cleansing

      Hapus
    4. Betul.... toner bukan masuk double cleansing yah.. double cleansing itu cleansing pertama pake produk berbasis balm atau oil, cleansing kedua pake facial wash... jadi toner AHA BHA COSRX ini memang dipakai setelah double cleansing... lalu dilanjut hydrating toner yaitu viva :)

      Hapus
  4. Jika setelah pakai aha bha terus lanjut pake essence advanced snail cosrx itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak papa ko... Karena emang urutan pemakaian yang benar, exfoliating toner (AHA BHA) baru essence :)

      Hapus
  5. Halo kak mau nanya. Kalau kita udah pakai exfo tonernya cosrx terus siap itu pakai cosrx bha blackhead powder bisa gak? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Lyly.. sebelumnya terimakasih sudah berkunjung ke blog ini... karena COSRX bha blackhead powder itu ada kandungan acidnya yang berarti merupakan exfoliating toner, sebaiknya jangan kamu pakai berbarengan. Kalau mau, kamu bisa pakai COSRX BHA blackhead powdernya hanya pada daerah yang ingin kamu fokusin untuk menghilangkan blackhead, spot wajah kamu yang lain, baru kamu pakein exfo tonernya cosrx... jadi pemakaiannya gak di layer... :)

      Hapus
  6. Hallo :)
    cosrx bha juga merupakan skincare yang salah satu kandungannya berfungsi meng eksfoliasi kulit, yaitu BHA. Sebaiknya kedua skincare tersebut tidak dipakai bersamaan. Kalau kamu mau pakai secara berbarengan, lebih baik pake exfo toner di seluruh wajah, kecuali hidung atau area wajah yang ada blackheadnya... Nah, baru cosrx bha blackhead powder kamu hanya pakai di area hidung/ area wajah yang ada blackheadnya.

    BalasHapus
  7. kak mau nanya, masih awam. kalo cosrx aha bha bisa dipakai berbarengan dgn sbm snail truecica gak ya?

    BalasHapus
  8. Hallo Jihan... Thank You yaa sudah berkunjung ke blog ini :)

    Boleh ko.... soalnya mereka fungsi dan kegunaannya berbeda, kamu bisa pake COSRX AHA BHA terlebih dahulu, hydrating toner lalu serum snail nya....

    BalasHapus
  9. Ka mau nanya, kalo misal hari ini pake cosrx aha/bha trus bsoknya pake scrub boleh ngga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, Ai.. Thank's sudah berkunjung ke blog ini....
      Boleh... asal, saat kamu sedang pake scrub, setelah itu skip aja ritual pake cosrx nya....

      Hapus
  10. Hallo kak, sebelumnya terima kasih karena sudah menulis review ini yg menurut saya sangat bermanfaat untuk dijadikan referensi sebelum membeli produk cosrx yg satu ini. Tapi saya penasaran, abis pake toner ini terus dilanjutkan cosrx snail essence kemudian sbm snail truecica apakah boleh kak? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Deyyan :) Thanks sudah berkunjung ke blog ini...
      Boleh sekali... karena memang urutan pemakaian skincare itu Exfoliating Toner (COSRX AHA BHA) - Hydrating toner - Essence (COSRX snail Essence) - Serum (Snail Truecica)

      Hapus
    2. Kak kalo misalnya gausah pakek hydrating toner boleh gk

      Hapus
    3. Hallo.. karena toner ini masuknya ke exfoliating toner, yang punya fungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, otomatis kulit akan butuh dihidrasi lagi/ perlu diberi kelembapan dengan hydrating toner. Kulit dengan kadar air yang cukup, bisa menyerap skincare lebih baik daripada kulit kering. Alasan kenapa double toning dilakukan setelah mencuci muka adalah karena produk-produk seperti serum, pelembap, oil dan sebagainya lebih bisa terpenetrasi dengan baik setelah kulit dalam keadaan terhidrasi. Dengan ini, hasil yang diberikan produk-produk lain setelahnya dapat bekerja lebih maksimal. Jadi aku saranin untuk tetap memakai hydrating toner :)

      Hapus
    4. Kak mau tanya nih serum yang bisa digabungkan sama cosrx aha bha kira2 apa ya?

      Hapus
    5. Kak jawab dong, serum yg bisa dgn cosrx aha bha 😭

      Hapus
  11. Hai kak, sebelumnya makasih banyak udh bikin review ini. Kak, aku udah hampir 3bulan pakai si cosrx aha bha ini, aku pakai setiap hari. Dan aku jg pakai original clear pad nya setiap 3x seminggu. Nah itu sebenernya boleh gak sih kak aku pake cosrx aha bha setiap hari dan si original pad nya 3x seminggu? Atau harusnya aku pilih salah satunya aja diantara cosrx aha bha atau original clear pad itu? Terus kak, yg salah nya lagi aku tuh gatau kalau habis pake cosrx aha bha ini harus pake hdyrating toner :( kalau contoh hdryating toner itu merek apa aja kak? Kalau yg dari cosrx yg hydrating tonernya itu yg mana kak kalau boleh tau? Makasih kak, ditunggu responnya 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Anggi.. :) Thanks udah berkunjung ke blog ini....
      Saat di hari jadwal kamu lagi pake clear pad, kamu skip aja pake tonernya... misalkan malam hari habis kamu berkegiatan, kamu pakai clear padnya.. dan sebenarnya clear pad itu kan dua muka, alias pemakaiannya bolak balik. Satu sisi, pad yang ada teksturnya itu physical exfoliating, dan di balik sisi satunya dia fungsinya buat nge hidrasi kulit. jadi sebenernya habis pakai pad kamu gak pakai hydrating toner juga gak papa.
      Tapi... misalnya kamu habis berkegiatan, disiang hari dan mau pake clear pad, kamu bisa pakai cosrx AHA BHA nya pas skincare ran malem, intinya mereka jangan dipakai dalam waktu yang berdekatan...

      Hydrating Toner di brand COSRX kamu bisa pakai Galactomyces Alcohol-Free Toner.
      Kalau di Brand lain ada :
      - KLAIRS Supple Preparation Unscented Facial Toner
      - KLAIRS Supple Preparation Facial Toner
      - SON & PARK Beauty Water
      - MAMONDE Hydrating Beauty Water
      - BENTON Cacao Moist and Mild Toner
      - BANILA CO Dear Hydration Toner

      Hapus
  12. Klu utk remaja seumuran 15 thn apa tdk masalah menggunakan gentle mild soap cosrx trus pake toner clarifying cosrx?atau toner lainnya...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo... !! Low ph good morning cleanser cocok sekali untuk kulit remaja, karena memiliki pH yang rendah sesuai dengan pH kulit wajah. Begitu juga dengan tonernya, AHA BHA toner cosrx ini juga punya pH yang rendah sehingga aman dikulit remaja :)

      Hapus
  13. Kak mau tanya, kalo misal setelah pake cosrx aha bha pake hydrating toner, lalu nacific phyto niacin, lalu the ordinary alpha arbutin boleh ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari urutan pemakaiannya udah bener, exfol toner - hydrating toner - essence - serum. Tapi, the ordinary alpha arbutin punya ingredients Lactic Acid dan masuk ke kandungan AHA, cuman kandungan AHA berapa % di the ordinary alpha arbutin aku juga kurang tau. Karena di sini kamu pake 2 produk sekaligus yang ada kandungan AHA nya selama kulit kamu engga iritasi pemakaian bisa di lanjutkan, apalagi kandungan AHA BHA di produk COSRX hanya 0.1%

      Hapus
    2. Maaf kak aku mau tanya lanjutan dari pertanyaan kak Lisa MJ, kalau cosrx ini kn ada AHA sama BHA, sepengetahuanku nacific phyto niacin itu ada kandungan VIT C nya, pertanyaannya apakah AHA/BHA tidak masalah dilayer yg sama dgn Vit C? Karena aku pernah baca katanya kalau AHA+VIT C akan menghilangkan efektifitas kandungan tersebut (tidak bekerja/netral). Menurut kk gmn? Karena aku galau bgt nih, pengen pakai nacific phyto niacin itu, tp tonerku ada kandungan AHA nya..

      Hapus
    3. Hallo... jawabannya sebenernya udah pernah aku bahas dikolom komentar... tapi aku bahas lagi aja yaa... betul.... kalau penggunaan AHA BHA dengan vitamin C secara bersamaan dapat mengurangi fungsi kerja dari vitamin C tersebut. Karena Vit. C diformulasiin dengan kadar pH yang rendah, sehingga bila di kombinasikan dengan AHA BHA kadar pH pada vitamin C bakalan berubah, sehingga efeknya terhadap kulitpun akan berkurang... Tipsnya kalau kamu ingin memaksimalkan fungsi dari vitamin C, kamu bisa pakai terpisah,,, misalkan vit.c pada pagi hari dan AHA BHA pada malam hari :)

      Hapus
  14. Kak kalo hydrating tonernya viva boleh gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok, hydrating toner bisa di merk apa aja dan gak harus mahal, asal cocok dengan kulitmu :)

      Hapus
  15. Kak mau tanya, Cosrx AHA/BHA ini kan exfoliating toner, untuk Nature Republic Aloe Vera 90% toner itu masuknya ke hydrating toner bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yasss betul... karena Nature Republic Aloe Vera 90% toner tidak mengandung ingredients acid sama sekali :)

      Hapus
  16. Wahh suka banget sama reviewnyaa. Oh iya mau sekalian nanya nih kak.. Kalau misal pake cosrx original pimple pad sama cosrx aha bha clarifying treatment boleh dipake selang seling gak? Misal sekarang pake pimple pad, besok pake clarifying treatment, besoknya lagi pake pimple pad, dan seterusnya? Mohon pencerahannya kak, terimakasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.. sebelumnya terimakasih udah mampir dan baca blog nya :) Cosrx sendiri mengklaim pimple pad bisa dipakai 3 hari sekali, untuk kulit kering dan sensitive bisa dipakai satu atau dua kali sehari. Kalau aku pribadi, karena pimple pad itu sifatnya physical exfoliator alias langsung bergesekan dengan kulit, aku lebih prefer pakenya seminggu 2 kali, saat kulit lagi kusam-kusamnya. Tapiii.. kalau dikulit kamu cocok dan gak masalah pemakaiannya boleh selang seling dengan COSRX AHA BHA :)

      Hapus
  17. Halo kak. Saya mau nanya. Saya pake COSRX AHA BHA, Cm saya bingung gmn cara pemakaian yg benar. Toner ini kan bs dipakai setiap hari ya. Nah itu sehari bisa di pakai siang malam atau sehari cm bs dipakai sekali (siang aja atau malam aja)? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jenis kulit kamu gak sensitif sama acid (AHA, BHA) kamu bisa pakai sehari 2 kali pada pagi dan malam hari. Karena kandungan AHA BHA hanya 0,1 % di COSRX ini, jadi masih aman dipakai pagi dan malam hari.... Untuk pagi harinya jangan lupa lengkapi rutinitas skincare kamu pake sunscreen yaaa..

      Hapus
  18. Kak sy sebelumnya belum pernah pakai AHA/BHA itu kan kakak bilang pakai seminggu 2x dulu. Nah itu dipakai siang sama malam atau cuma malam aja kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dipakai pagi dan malam hari. Tapi, kalau pemakaian pagi jangan lupa di lanjut dengan pemakaian sunscreen yaaa.... karena kandungan acid pada skincare dapat memicu meningkatnya sensitifitas kulit terhadap cahaya matahari.

      Hapus
  19. Mbak mau nanya klo saya pakai COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner trus pakai Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop bisa gk ya? trus 2 x sehari saya barengin dengan pemakaian COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo kak!! thanks yaa udah berkunjungg :) Kalau kulitnya engga bermasalah sama AHA atau BHA, boleh boleh aja di barengin pemakaiannya, soalnya Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop itu juga ada kandungan acidnya. Jangan lupa pake hydrating toner nya aja ya kak, biar kulit terhidrasi dan gak jadi kering karena pake produk acid secara berbarengan. Untuk COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid aku saranin sih dipakenya gantian aja. Misalkan ketika mau memakai AHA 7 Whitehead Power Liquid berarti engga usah lagi pake AHA BHA Clarifying Toner. Atau... semisal mau dipake berbarengan, pake AHA 7 Whitehead Power Liquidnya hanya didaerah yang ada whitehead nya aja misalkan area dahi dan hidung.. sisa area lain pada wajah baru di aplikasikan AHA BHA Clarifying Toner...

      Hapus
  20. Kak mau tanya aku baru pake cosrx ini dua hari, terus timb jerawat dua di tempat yg biasa tumbuh jerawat. Aku bingung ini purging or BO yaa? Terus aku mau tanya pemakaian cosrx aha bha terus di timpa toner viva green tea boleh ga?? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jerawatnya normal itu bisa dibilang jerawat reguler dan kondisi yang umum terjadi ketika kamu pake produk skincare baru adalah purging, terutama yang sifatnya exfoliant seperti AHA dan BHA, kulit kita akan mengalami reaksi negatif dulu sebelum akhirnya membaik. Reaksinya bisa berupa jerawat kecil-kecil yang muncul di area-area yang memang biasa berjerawat. Normalnya, dalam hitungan beberapa hari hingga seminggu, purging ini akan mereda dengan sendirinya. Tapi, kalau jerawat yang muncul itu jerawat besar dan sampe bikin sakit trus meradang dan iritasi baru kamu mengalami breakout. Sebaiknya kalau mau pake barengan sama COSRX, ganti tonermu yang engga ada ingredients acid nya jugaa.. soalnya barusan aku cek ternyata viva green tea mengandung tartaric acid dan masuk golongan AHA nih... :)

      Hapus
  21. halo kak, kalo cosrx yg AHA/BHA ini aku pakai setiap hari sebelum pakai hydrating toner even itu pagi dan malam hari boleh gak ya? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.... :) bolek kok, COSRX AHA BHA ini bisa di pake pada pagi dan malam hari...

      Hapus
  22. Halo kak mau tanya, boleh ga ya memakai produk inisfree super volcanic dan cosrx aha bha ini dalam satu rangkaian perawatan misalnya keduanya dipakai bersamaan 1 bulan? Atau lebih bagus salah satunya saja?
    Makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo... produk innisfree super volcanicnya apakah seluruh rangkaian atau hanya maskernya saja? (Biar aku bisa sharing lebih rinci :)

      Hapus
    2. Pemakaian Innisfree Super Volcanic clay mask biasanya dipakai 2 sampai 3 kali dalam 1 minggu... karena jenis masker ini adalah masker exfoliating, sebaiknya engga dipakai berbarengan ya... kalau jadwal kamu lagi pake masker ini.... skip aja pemakaian toner AHA BHA nyaaa... dan langsung ke hydrating toner atau step skincare kamu selanjutnya.... tapi misalkan, kamu pake maskernya di malama hari, kamu bisa tetep pake toner AHA BHA nya di morning skincare rutinmu... :)

      Hapus
  23. hai ka aku mau tanya, boleh ga kalau toner cosrx ini di barengin dengan toner viva yang lemon, soalnya kan ada vit c?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo... sebenernya boleh aja kamu pake berbarengan, hanya aja, penggunaaan AHA BHA secara bersamaan dapat mengurangi fungsi kerja dari vitamin C tersebut. Karena Vit. C diformulasiin dengan kadar pH yang rendah, sehingga bila di kombinasikan dengan AHA BHA kadar pH pada vitamin C bakalan berubah, sehingga efeknya terhadap kulitpun akan berkurang... Tipsnya kalau kamu ingin memaksimalkan fungsi dari vitamin C, kamu bisa pakai terpisah,,, misalkan vit.c pada pagi hari dan AHA BHA pada malam hari :)


      Hapus
  24. Halo kak kalo abis pake aha bha cosrx ini terus saya pake toner viva yg green tea itu boleh gak ya kak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo :) Aku cek ternyata Face Tonic Green Tea nya Viva ada ingredients Tartaric acid nya dan ingredients tersebut masuk ke dalahm golongan AHA. For sure nya aku engga tau persenan Tartaric Acid di Viva berapa persen... tapi dia tertulis hampir di urutan akhir list ingredientsnya yang kemungkinan AHA nya sedikit sekalii.... kalau kamu combine keduanya tapi kulit kamu fine dan gak ada masalah apa-apa bisa kamu lanjutin...

      Hapus
  25. Halo Kak, mau tanya nih. Blh gak pemakaian toner Cosrx AHA BHA ini dibarengin sm booster dr Laneige Clear C effector itu? Sama Emina Bright Stuff itu tmsk hydra toner bukan, Kak? Trs urutan pemakaiannya gimana, ya? Ditunggu jawabannya, Kak. Terimakasihh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.. sebelumnya terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.. :) Aku cek ingredients dari booster Laneige engga ada bahan AHA BHA nya sama sekali, jadi booster ini aman digunain berbarengan dengan toner AHA BHA COSRX. Rangkaian dari Emina Bright Stuff yang merupakan hydrating toner adalah Double The Moist Face Toner, kalau kamu pake serian Emina yang ini, berarti memang benar hydrating toner.
      Rangkaian pemakaiannya COSRX AHA BHA Toner - Emina Bright Stuff face toner - baru Laneige Clear C effector :)

      Hapus
  26. Hi kak, saya mau tanya.
    kebetulan sebelumnya saya pakai toner somebyme yg ijo itu sudah sebulanan tapi belum ada reaksi apapun, kemudian, sekarang ssaya berniat untuk pindah ke COSRX toner ini. apakah bisa langsung dipake tanpa harus mengistirahatkan kulit terlebih dlu krn gantu produk? Dan urutan skincarenya gmna? Toner cosrx-hada labo strip oren-cosrx snail-eye cream-acne gel. sudah benarkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.. :) terimakasih sebelumnya sudah berkunjung...
      Kalau kamu engga punya alergi apapun terhadap ingredients yang ada di COSRX ini, kamu bisa lanjut pake tanpa harus jeda dulu ko... Urutannya sudah benar kok :)

      Hapus
  27. Halo mau tanya. Brarti produk ini aman dong ya buat ibu hamil dan menyusui? Krn kandungannya sangat rendah. Bener ga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo... aku belum menemukan artikel atau statment kalau produk ini aman buat ibu hamil.... aku cari refrensi dari artikel Female Daily, kata Dr, Kevin “BHA relatif aman, AHA boleh digunain.” Kenapa BHA relatif aman? Bukannya ada yang bilang bahwa salicylic acid sebaiknya dihindari oleh ibu hamil?

      “Yup, saya bilang BHA relatif aman karena kandungan ini memang agak kontroversial. Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa BHA benar-benar aman digunakan ibu hamil tapi sebenarnya BHA itu ada di almost all acne products yang over the counter dan kalau sudah tersedia di counter sebenernya most likely tidak berbahaya untuk ibu hamil, karena kan pasti melewati approval FDA (Food & Drugs Administration atau Badan POM kalau di Indonesia – Ed). Makanya saya bilang relatif aman tapi saya tidak bisa bilang 100% aman karena belum ada studinya yang mengatakan demikian. Kalo AHA ada studinya dan memang no problem digunakan oleh ibu hamil.” tandas Dr. Kevin.

      Kalau dari aku sendiri sih, ada baiknya kamu bawa semua skincare yang sedang kamu pakai saat hamil ke dokter dan tanyakan secara rinci mana-mana saja yang boleh di pakai... biar lebih makesure keamanan ibu dan bayinya.. :)

      Hapus
  28. Halo ka aku mau tanya, aku kan mau ngilangin milia di daerah hidung apa bisa pake ini? Dan setelah itu bagusan pake moisturizer apa ya yang cocok? Soalnya aku masih bingung pakai mosturaizer yang apa. Saran ya kaa.. Maaf kalo banyak tanya.. Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo... setau aku sih milia bener-bener bisa hilang kalau dilaser yaa, sejauh ini aku belum nemu skincare yang memang dikhususkan untuk kulit dengan masalah milia. Tapi memang, untuk kasus ini yang pernah aku baca, milia akan memudar kalau kamu rajin exfoliating... dan toner ini bisa jadi pilihan untuk membantu proses exfoliatingmu.. tapi enggak ngejamin 100% ngilangin milia... kamu bisa pake cream yang ada ingredients retinoidnya, karena retinoid ini memiliki vit A yg dapat membantu menghilangkan milia pada kulit. Selain itu hindari skincare dengan kandungan dasar minyak, karena produk dengan kadar minyak tinggi dapat menyumbat pori-pori yang mengakibatkan munculnya milia. Kamu bisa pake mouisturizer berbasis air seperti Celeteque Water-Based Moisturizer, Innisfree Youth-Enriched Gel Cream with Orchid, atau Sunday Riley Tidal Brightening Enzyme Water Cream.... :) semoga membantu yaaa...

      Hapus
  29. Hallo kak. Exfo toner ini cocok nggak ya sama kulit normal?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo... COSRX sendiri mengklaim kalau mereka suitable buat semua jenis kulit,

      Hapus
  30. Kak sy kan baru 2 mingguan pake corsx aha bha ini masih blm setiyap hari oakenya
    Trus aku beli to neciamide
    Pakenya aku selingin g barengan
    Trus muncul jerawat
    Katanya 2 produk trsbt g boleh dipake bersamaan
    Trus sy stop pake to nya kak
    Tolong solusinya ya kak
    Gimana biar 2 produk tsb bisa kepake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.. setau aku TO kadar niacinamide nya lumayan gede 10%, Niacinamide termasuk asam dan memang kurang baik kalau pemakaiannya digabung dengan AHA BHA karna bisa bikin ritasi kulit. Solusinya, kamu bisa pake gantian harinya, misalkan hari ini kamu pake TO, besoknya pake COSRX... tapi kalau misalkan masih nimbulin jerawat kamu bisa habisin dulu COSRX nya, baru pake TO niacinamidenya...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. kalo aku pake tonernya pagi hari trs niacinamidenya malam hari gapapa kan ya?

      Hapus
  31. Kak kalau habis pakai aha bha ini apa boleh pakai hydrating toner cosrx galactomyces terus benton snail bee essence dan moisturizernya cosrx oil free moisturizing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.. aku cek ingredientsnya aman-aman aja untuk dipakai secara berbarengan......

      Hapus
  32. Halo kakk. Aku kan abis pake toner aha bha ini lanjut viva bengkoang trs dilanjut pake serum TO salicylic acid 2% solution. Kira kira dr semua produk diatas bisa aku pake barengan engga? Aha bha tuh bisa disatuin sm salicylic acid ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Putri.... kamu bisa pake berbarengan selama kulit kamu ga punya gangguan terhadap AHA BHA. Salicylic Acid adalah jenis BHA. Sebenarnya kadar batas aman AHA berkisar 5 – 10%, sedangkan BHA berkisar 1 – 4%. Karena Cosrx ini punya kandungan AHA BHA 0,1 % jika kamu gabung pemakaiannya dengan salycilic acid 2% masih gapapa ko....

      Hapus
  33. Hallo ka.. aku mau nanya nih tentang produk yg kaka bahas ini, aku pake produk ini baru bgt dikulit wajahku, aku pake setiap hari malem sama pagi abis mandi, aku udah make produk ini sekitaran mau satu minggu gtu type kulitku berminyak dan sensifit gampang jerawatan, nah kenapa aku make toner cosrx ini makin banyak timbul jerawat besar2 gtu ya ka dibagian dagu sama jidat pipi juga ada tpi ga terlalu bnyak;( apakah itu purging atau BO ka? Mohon dijawab ya ka. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.. sebenernya purging dan breakout agak tricky, karena kemunculannya sama-sama bisa ditandai dengan munculnya jerawat dan komedo, baik purging maupun breakout. Bedanya, jika jerawat atau komedo yang muncul gak hilang dan bertambah parah dalam kurun waktu maksimal 8 minggu , maka ini yang disebut breakout. Purging pada umunya akan cepat hilang dalam kurun waktu 2 atau 3 minggu... biasanya efek yang timbul ketika purging juga dapat ditandai dengan munculnya jerawat kecil-kecil, kalau udah masuk jerawat besar biasanya breakout. Oiya perlu diinget, penggunaan produk AHA BHA dipagi hari harus dibarengi juga dengan pemakaian sunscreen yaa, karena AHA BHA akan bereaksi terhadap paparan sinar matahari dan bikin kulit kamu jadi mudah iritasi kalau gak dicover sunscreen. Mungkin kulit kamu terlalu sensitif untuk produk yang mengandung ingredients AHA BHA, kalau boleh saran kamu bisa pake toner yang punya kandungan acid lebih ringan seperti Benton Aloe BHA Skin toner.

      Hapus
  34. halo kak! makasih udah sharing tentang toner ini yg pgn aku beli tp maju mundur trs. sebelum beli ak mau nanya, misalnya ak make toner ini minggu pertama, trs minggu kedua ak pake hydra toner, minggu ketiga pake toner ini lg (jdnya selang seling) itu gimana ka? trs pas di minggu aku make hydra toner boleh physical exfo ga?

    makasih sebelumnya❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo... Karena COSRX AHA BHA ini termasuk ke dalam exfoliating toner, kamu bisa barengi pemakaiannya dengan hydrating toner ( istilahnya double toning) jadi setelah kamu pake toner ini, kamu pake hydrating toner, bisa dipakai berbarengan tiap hari tanpa perlu selang-seling seminggu pemakaian. Nah, baruuu ketika kamu akan melakukan physical exfoliating, kamu skip aja pemakaian COSRX AHA BHA nya, jadi langsung loncat ke hydrating toner dan skincare selanjutnya.... :)

      Hapus
  35. Oh iya kak, hydra toner nya bisa diganti rose water gitu ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo... konsep dari hydrating toner adalah memberikan hidrasi pada kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik punya kandungan air yang cukup dan seimbang sehingga terhindar dari dehidrasi. Rose water bisa jadi pilihan untuk hydrating toner karena fungsinya sebagai pelembap dan juga untuk menghidrasi kulit :)

      Hapus
  36. Permisi numpang tanya.

    Saya pengguna baru cosrx, dan kebetulan belum terlalu paham soal produk2nya serta pemakaiannya.

    Saya punya 4 produk cosrx
    1. Salicylic Acid Daily Gentle cleaner
    2. AHA/BHA clarifying Treatment Toner
    3.Aloe Vera Oil free Moisture Cream
    4. Aloe Soothing Sun Cream

    Nah, produk ini saya beli atas rekomen dari salah satu toko kosmetik, cuma mereka di sana ga kasih arahan soal pemakaian, seperti apakah tonernya boleh dipakai tiap hari atau tidak waktu itu saya sendiri juga lupa karena buru2.

    Jadi di sini saya mau menanyakan beberapa hal yang membingungkan saya.

    (Kulit saya tuh awalnya kombinasi tapi sekarang cenderung berminyak dan sekarang lagi berjerawat. )

    Pertama, Untuk sabun wajah yang tadi saya sebutkan, apakah bisa dipakai pagi dan malam? Atau hanya boleh diwaktu tertentu? Dan setiap hari?

    Kedua, Toner Aha/Bha apakah tidak dianjurkan memakainya setiap hari, pagi dan malam? Jika iya, kapan sebaiknya dipakai? Pagi? Malam? Dan berapa kali dalam seminggu?

    Ketiga, Jika toner AH/BHA tidak dipakai setiap hari, maka apakah saya bisa menggunakan toner jenis lain diantara jeda hari pemakaian? Saran jenis tonernya?

    Lalu untuk moisture cream yg tadi juga apakah bisa dipakai setiap hari? Dan bolehkan dipakai pagi dan malam?

    Terakhir, Adakah saran lain terhadap produk atau step pemakaian untuk kulit berminyak dan berjewat seperti saya biar lebih maksimal dan tidak salah pakai?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, saya baru pakai 4hari dan sebenarnya kulit saya saat ini banyak bekas jerawat juga. Jadi mau ngilangin bekas2nya

      Hapus
    2. Hallo.... aku coba bantu jawab satu-satu yaaa...

      1. Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser
      Karena dia daily cleanser dengan kandungan 0.5% Salicylic Acid jadi bisa dipakai sebagai cleanser harian pagi juga malam hari. Cara pemakaiannya pijat lembut cleanser pada kulit wajah yang sudah dibasahi, ulangi kembali khususnya pada daerah t-zone (dahi, hidung, dagu) untuk hasil yang lebih maksimal, setelah itu bilas dengan air hangat.

      2. AHA/BHA clarifying Treatment Toner
      Toner ini mengandung bahan aktif, AHA dan BHA masing-masing 0,1%. Jumlah kandungan ini termasuk aman untuk kamu pakai setiap hari pada pagi dan malam. Namun, untuk penggunaan dipagi hari, pemakaian toner ini harus dibarengi dengan sunscreen. Karena kandungan AHA dapat membuat kulit lebih mudah kemerahan ketika terkena sinar matahari. AHA BHA toner jangan dipakai ketika kamu sedang melakukan physical exfoliating, seperti scrubbing/ maskeran. Jadi.. misalkan kamu maskeran seminggu 2 kali pada malam hari, pemakaian toner ini di skip aja. Karena AHA BHA punya sifat chemical exfoliating, jika kamu melakukan proses exfoliate secara bersamaan kulit akan mudah iritasi.

      3. Ketika kamu habis maskeran/scrubbing, kan toner AHA BHA ini di skip, atau gak usah dipake... kamu bisa langsung pake hydrating toner yang punya sifat ngehidrasi kulit dan mengembalikan kelembapan kulit, contohnya Klairs Supple Preparation Toner, Pyunkang Yul Essence Toner, Wardah Acnederm Pore Refining Toner dll.

      4. Aloe Vera Oil free Moisture Cream
      Karena ini moisturizing cream, cream ini bisa dipakai pada pagi dan malam hari, jika pada pagi hari dipakai sebelum sunscreen, dan malam hari diaplikasikan sebelum sleeping mask. Biar nambah sensasi "cooling" nya kamu bisa simpen di lemari pendingin.


      5. Aloe Soothing Sun Cream
      Dipakai dipagi hari pada urutan step skincare terakhir kamu. Sunscreen dipakai sepanjang ruas jari telunjuk sekali pakai. Kalau kamu beraktivitas diluar ruangan, sunscreen sebaiknya di re-apply/ diulang penggunaannya saat siang hari.


      Saran aku, proses membersihkan wajah adalah kunci paling penting sebelum semua produk skincare di apply, bagusnya dilakukan double cleansing agar kotoran benar-benar terangkat dari pori-pori wajah. kalau muka bersih, maka semua produk yg kita apply seudahnya pasti dapat terserap dengan baik secara maksimal. Micellar water gak cukup untuk proses double cleansing, sebaiknya step pertama cleansing dimulai dari produk yg oil/ balm based, jadi pake cleansing oil dulu trus pake facial wash nya. Maskeran 2/ 3 minggu sekali juga penting banget untuk exfoliating untuk menghilangkan sel-sel kulit mati biar gak numpuk jadi jerawat dan komedo. Urutan pemakaiannya sendiri udah bener ko.. semoga jawabannya bisa membantu yaa... kalau masih ada yang bikin bingung you can ask me again anytime....will be happy to answer it :)

      Hapus
  37. Halo kak, mau tanya kalo misalnya kita pake face wash nivea, lalu toner cosrx yg aha bha, lalu toner nacific yg calendula, lalu cosrx snail mucin essence, lalu serum sbm yg snail truecica, lalu cosrx oil-free moisturizer, lalu sunscreen skin aqua, itu boleh gak dan urutannya udah bener apa belum? Terimakasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.. urutan pemakaiannya udah bener ko... dan rangkaian produk yang disebutin di atas bisa kamu pakai berbarengan.

      Hapus
  38. Hai kak!❤ aku mau nanya,
    Kalo misal pake cosrx aha bha ini malah makin terlihat komedo di hidung dan malah menimbulkan sejenis benjolan jerawat di hidung itu aku harus berhenti pemakaian nya aja atau terus melanjutkan ya kak?
    Oiya kak, cosrx aha bha ini bisa buat menghilangkan clogged pores ga sih menurut kakak? Soalnya problem muka ku juga banyak clog pore gitu diarea dagu dan dibawah kantung mata.
    Mohon saran dan pencerahannya kak!❤
    Big luv.

    BalasHapus
  39. Hallo.. terimakasih sudah berkunjung :) Sebenarnya jawaban pertanyaan kamu udah ada di kolom komentar diatas, tapi gapapa aku bahas lagi yaa... munculnya komedo/sejenis benjolan jerawat dihidung bisa jadi itu whitehead/blackhead, nah mereka bisa muncul akibat purging atau breakout. Pada awalnya untuk beberapa kasus, produk bisa menyebabkan purging yang ditandai dengan munculnya komedo/jerawat dan nandain kalau produk itu sedang bekerja mengeluarkan kotoran dikulitmu. Jika makin lama kamu memakai produk itu tapi komedo dan jerawatnya gak ilang berarti kulitmu mengalami breakout (iritasi), dan harus segera dihentikan pemakaiannya.

    Untuk clog pores menurutku toner ini bisa menjadi salah satu skincare pendukung untuk menghilangkan clog pores. Disamping itu, cleansing yang baik, physical exfoliating rutin seperti scrub/masker 2 kali seminggu juga perlu dilakukan. Karena untuk menghilangkan clog pores perlu kombinasi skincare yang dibutuhkan oleh kulit dan juga pemakaiannya yang rutin. Oiya, skincare berbahan clay (lumpur alami) juga bagus untuk wajah dengan masalah kulit clog pores, karena bertujuan untuk menyerap kelebihan minyak dari pori-pori dan membantu membesihkan pori-pori. :)


    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak mau nanya klaau setelah pkek cosrx ini boleh nggk pkek hydrating toner dari simple trus moisturizer nya dari Viva sleeping mask

      Hapus
  40. Kak kalo toner aha/bha claryfying trus pake serum nya nacific advanced yg kuning itu bisa gak dipake barengan ?

    BalasHapus
  41. Terima kasih kak untuk informasinya.. saya mau nanya kak, kalau saya pakai Cosrx AHA/BHA lalu Cosrx advance snail 96 mucin lalu elsheskin radiant serum bagiamana ya kak? Apakah aman?
    Terima kasih kak sebelumnya

    BalasHapus
  42. Halo kak, mau tanya kalo habis pakai Cosrx AHA/BHA boleh pakai benton yang aloe BHA?
    Atau dipakainya bergantian?

    BalasHapus
  43. Halo kak, aku baru pakai cosrx, sudah mengikuti urutan yg ada di box tapi kenapa ya kak di pipi aku muncul jerawatnya? Apa aku salah pemakainnya, soalnya aku baru ini memakai produk yg ada kandungan aha bha, dan pemakaian tonernya setiap hari di pagi dan malam hari. Sudah 5 hari ini sy pakainya kak. Dan jenis kulit aku berminyak. Tolong pencerahannya.

    BalasHapus
  44. halo kak, mau nanya pemakaiannya udah bener blom ya kalau urutannya cuci muka(senka perfect whip)- toner COSRX - hydrating toner (clinelle) - nature republic aloe vera gel. kutunggu jawabannya kak! trimakasih reviewnya!

    BalasHapus
  45. Halo kak , mau nanya cosrx bha blackhead termasuk exfoliating jga?

    BalasHapus
  46. Halo kak. Keren nih review nya. Kata2nya mudah dipahami lagi.
    Btw aku mau nanya nih.
    1. Ada saran face wash gak kak sebelum make COSRX AHA BHA ini? Btw tipe kulit ku berminyak.

    2. Tadinya abis pake COSRX AHA BHA ini mau lanjut pake SBM Yuja Niacin brightening sleeping mask. Tp ternyata dari penjelasan di atas gak boleh ya. Nah bagusnya SBM ini diganti apa ya?

    Terima kasih ya ☺️

    BalasHapus

  47. Hai Kak! ilmunya sangat bermanfaat sekali :)
    saya mau nanya bagaimana bila face wash yang saya gunakan mengandung Vit C, sedangkan exfo toner yang akan saya gunakan mengandung AHA BHA?
    Apakah tetap dipakai selang seling seperti pagi menggunakan Vit C, dan malam menggunakan AHA BHA?
    Tetapi face wash kan rangkaian utama pada skincare, jika tidak dipakai di malam hari maka double cleansing tidak maksimal. mohon solusinya

    Terima kasih kak :)

    BalasHapus
  48. Kak rekomendasiin produk yang cocok untuk warna kulit muka yang tidak merata dan bekas jerawat yang susah hilang dong plis.
    Aku masih gk ngerti urutan pemakain dan apa aja produk yang cocok .krma sblmnya aku cm pake sabun muka aja.

    BalasHapus
  49. Hallo ka

    Aku mau tanya boleh ga ya ka klo sebelum pake AHA BHA aku pakai Viva milk cleanser, habis itu pake AHA BHA terus aku pakai pelembab nature republik?
    Bantu jawab ya ka, karna aku baru pertama kali pakai AHA BHA

    BalasHapus
  50. Halo ka aku mau nnya lagi

    Kalau aku pakai viva milk cleanser, terus facial wash, habis itu pakai AHA BHA dan terakhir pakai pelembab aloevera gel?

    Makasii ka, mohon di jawab ka🙏

    BalasHapus
  51. Halo ka, aku baru pakai toner ini 2 hari yang lalu,,sebelum pakai ini aku double cleansing dengan viva milk cleanser + cuka apel, lanjut ke pencuci muka nya safi yang purifying cleanser. Terus aku pake toner viva cucumbar+green tea, toner Cosrx AHA BHA, essence nya Cosrx snail 96, kemudian moisture nivea,baru pake sleeping masknya laneige.

    Apakah semua rangkaian ini sudah benar? Dan boleh dilakukan secara berbarengan?
    Btw jenis kulitku berminyak trs juga gampang sekali bruntusan.

    BalasHapus
  52. Halo Kak.. sy usia 46th bermasalah dg flek hitam yg menahun. Sy sdh beli Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Tonner, Corsx Snail Advanced Cream, Laneige Clear C Advanced Effector, Laneige Clear C Serum & Loreal White Perfect Clinical. Apakah produk2 ini tdk ada yg bertentangan satu sama dalam sekali pemaikan..? Lalu urutan pemakaian yg benar bagaimana ya...? Tks solusinya.

    BalasHapus
  53. Haloo kak aku mau tanya aku kan udah pake cosrx ini sekitar 5 harian yg lalu, efeknya emg lumayan bagus sih dimuka aku tp tadi aku abis baca komentar kaka emg nacific phytoniacin essence gaboleh dipake setelah pake toner cosrx itu ya ka? Pantes aja kalo aku barengin muka aku jadi ga cerah gituu😭
    Tp kak aku gapake hydrating toner aku pakenya aloe vera natrep sama aja kan ya kak?
    Oiya kak sleeping mask yuja niacin boleh dipake setelah toner ini ga ka? Atau tonernya diskip dulu? Soalnya setau aku sleeping mask ini ada kandungan niacimidenya kakk.. kalo boleh tau urutan skincare pakai sleeping mask itu setelah natrep aloe vera atau gausah pake natrep dulu kak?

    BalasHapus
  54. Hai kak mau tanya kalau sehabis pakai COSRX AHA BHA ini dilanjut pakai COSRX advance snail mucin power essence apakah boleh? Terus apakah essence itu bisa buat pengganti hydrating toner? Soalnya saya belum punya hydra toner

    BalasHapus
  55. Hallo ka saya mau nanya, kalo habis pake toner COSRX AHA BHA ini dilayer sama nature republic aloevera gel sebagai pengganti hydrating toner boleh ga ka? Soalnya saya belum punya hydrating toner yang cocok

    BalasHapus
  56. Hallo! Aku punya bruntusan/Whitehead dan ingin memakai exfo toner (baru pertama kali ingin pakai exfo) dan skontype aku oily, apakah aha bha cosrx ini bisa di pakai bersama dengan centella water alcohol free dari cosrx juga sebagai hydrat tonernya?

    BalasHapus
  57. Haloo kaak!
    Jadi mukaku tuh sensitif terus ada bruntusan nya gitu ada jerawat cuman kalo lagi mau dateng bulan aja, jadi gini kak aku mau nanya misalkan aku pake face wash dari cosrx yg morning itu trs lanjut pake toner trs essence gmna ka aku masih bingung juga nih butuh rekomendasian gituu
    makasiiiih semoga dijawab^-^

    BalasHapus
  58. Hai kk, saya mau tanya, kalau sudah pake exfoliating toner ini, apa bisa langsung pake pelembab?

    BalasHapus
  59. Hai kak ak mau nnya ni , ak bru coba toner cosrx aha bha ny sekitar krg lbh 2-3 minggu pipi ak bener2 bersih dr jerawat, masuk minggu ke 4 tiba" pipi ku jerawatan itu knp ya apakah toner nya baru bereaksi atau BO?? Mohon d jwb y kak, makasih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab Kak, sebenernya banyak opsi yg bikin kulit jadi berjerawat Kak, tapi kalau selama 2-3 minggu dak ada masalah sepertinya bukan dari Cosrx nya deh Kak. CMIIW

      Hapus
  60. Hallo aku mau nanya, aku baru coba toner corx aha bha, terus aku lanjut pake toner viva bengkuang, dan kalau seadainya tiba2 aku jerawat pake acne gel secara berbarengan boleh ga ya?

    BalasHapus
  61. Halo kak mau nanya. Kalo udah pke toner ini (aha bha) terus pake cosrx propolis light ampule boleh ga ya? Makasih....

    BalasHapus
  62. Kak kalo saya pake toner aha bha itu setiap hari apakah boleh kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab Kak, sebenernya kalau gak ada efek negatif buat wajah Kakak gpp kok Kak, tapi kalau setiap hari masuk over exfoliating lo Kak. mending ikutin saran dari Corsx aja Kak
      3x seminggu atau 2x Seminggu Kak. CMIIW

      Hapus
  63. Banu Jawab Kak, kalau dari sy sendiri tidak masalah Kak, karena Nacific fresh herb origin tidak murni Vit. C Kak, tapi kalau setelah pakai 2 rangkaian itu timbul masalah berarti kulit Kakak belum terbiasa dengan perlayeran 2 produk tersebut Kak. CMIIW

    BalasHapus
  64. Halo kak
    Saya mau tanya apakah setelah memakai cosrx aha/bha ini saya boleh pakai mamonde pore clean toner kak?

    BalasHapus
  65. Kak saya mau tanya setelah pakai toner cosrx aha/bha clarifying lanjut pakai l'oreal revitalift centela micro essence boleh kak?

    BalasHapus
  66. Hallo kak, aku pemula bgt menggunakan aha/bha. Setelah menggunakam toner aha/bha perlu dibilas air atau langsung ke toner hydratingnya yah?? Terima kasih.

    BalasHapus
  67. Kak aku mau tanya kalau pakai toner corsx .. Trs habis it pkai toner viva bengkoang boleh gak ya ..

    BalasHapus
  68. Hallo ka mau nanya kalo sesudah pakai toner corsx terus abis itu pakai toner Hada Labo Gokujyun boleh ga ya?

    BalasHapus
  69. Hallo kak mau tanya kalau habis pakai toner cosrx habis itu pakai wardah white secret purr treatment essence habis itu lanjut pakai serum scarlet acne serum boleh nggak kak ?

    BalasHapus
  70. Halo kak , sebagai pemula mau tanya nih kalo malemnya kan aku pake rangkain COSRX yg kit , nah paginya boleh gak kalo pake nacific fresh herb kit juga ?
    Oiya karena aku pake produk exfonya 3 kali seminggu nah yg 4 harinya lagi boleh gak kalo CTMP malemnya pake produk SBM Yuja Niacin dari toner serum sama sleeping mask nya ?
    Ato boleh minta sarannya dari kakak soalnya mukaku bener bener kusam banget even pake FW sama moist yg ngeclaik nyerahin , tipe kulitku normal dan udah pernah pake rangkaian garnier vit c tapi bener bener masi kusam gitu kayak gk ada perubahan padahal serumnya udah abis 2 botol dan rajin double cleansing tiap pagi dan malemnya pokoknya bener bener pasrah deh kok gk ada perubahan sama sekali gitu malah sekarang makin kusam apalagi di bagian jidat sama deket kuping itu kak.
    Mohon masukannya ya

    BalasHapus
  71. Hai kak, aku mau nanya dong. Jadi, aku ada niatan buat pake exfo toner dari cosrx ini, tapi untuk hydra toner aku bakalan pake dari whitelab niacinamide 2% karena udah cocok dan takut BO kalo ganti toner huhuhu, apa boleh di barengin atau sebaiknya di hindarin pemakaian berbarengan? Terimakasih kalau berkenan utk menjawab💖

    BalasHapus
  72. kak aku mau nanya, kalo aku pakai essence nya dari nacific yg phyto niacin digabung sama tonernya sbm yg snail truecica itu bisa ngga sih? makasih kak

    BalasHapus
  73. kak tolong dijawab kaka

    kalo abis pakai toner aha bha boleh gak pake scarlett acne serum???

    BalasHapus

  74. Hay ka sebelum nya mau nanya dong ka kalo abis make aha bha boleh make waterymelon deep hydration toner trus di lanjut make acne serum scarlett boleh gak ka

    BalasHapus
  75. Hai kak mau tanya Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner dengan beauty water by son &park sama atau tidak ya kak? Jika berbeda apa bisa dipakai bersamaan? Jika berbeda bagaimana urutan yang benar? Terima kasih

    BalasHapus
  76. halo kak,mau nanya kalo malem abis pake fw hadalabo yang tamagohada dilanjit smaa coxrx ini dan hydrating tonernya npure yang cendella asiatica itu gimana ya kak?

    BalasHapus

  77. Hai ka aku mau nanya kalo abis pake exfo toner cosrx ini, pake safi dermasafe moisturaizer sama sunscreen skinaqua boleh ga ka?

    BalasHapus
  78. Game Pragmatic Pasti UNTUNG Hanya Di Janji99 !!!
    Untuk Lebih Jelas Silahkan Chat Kami DISINI !!!

    BalasHapus
  79. Hai ka aku mau nanya kalo abis pake exfo toner cosrx ini, lalu pakai hydrate toner, ampoule dan cream yg ada niacinamidenya kira" bisa ga ya kak ?. Karena kayaknya kan AHA/BHA nya hanya 0.1%. tapi ragu mau di campur. Thank you kakk

    BalasHapus
  80. Halo kak mau nanya.. Tolong di jawab yaahh😭 aku pernah pake Acne Serum Scarlett Whitening yang BHA nya 1-2%, terus sekarang aku mau pake COSRX AHA BHA ini yang kandungannya hanya 0,1%.. bakal berpengaruh ga yahh ke muka aku?

    BalasHapus
  81. Halo kak! Mau tanya nih, kalo toner cosrx aha/bha ini boleh ga digabung pemakaian nya sama serum avoskin your skin bae yang varian salicylid acid 2% + zinc ? Soalnya aku liat di artikel alodokter kalo salycilic acid itu termasuk ke dalam golongan BHA juga. Gimana ya kak? Mohon dijawab ya kak:3 hehe

    BalasHapus
  82. hi kak , aku mau nanya nih soalnya aku awam banget soal skincare , jadi aku baru beli cosrx aha bha ini , dan skinkare aku itu face wash hadalabo gokujyun - toner hadalabo gokujyun - moist hadalabo juga , nah boleh ngga sih ka kalo udah pake aha bha dilanjut hydrating toner dari hadalabo ini ?

    BalasHapus
  83. Haii kak, Klo kakak lebih pilih mana antara Cosrx Aha Bha atau Some By Mi Aha Bha Pha ??

    BalasHapus
  84. Kak kalau. Setelah pemakaian toner cosrx aha bha boleh pakai toner mawar Viva ngk?

    BalasHapus
  85. Kak mau nanya ini saya baru mau mencoba cosrx aha bha , kalau urutannya saya setelah double cleansing, cosrx aha bha, lalu toner yuja niacin , serum yuja niacin boleh kah? Atau seharusnya bagaimana ya?

    BalasHapus
  86. Kak kalo urutannya facewash hadalabo shirojyun lalu toner cosrx habis itu toner yuja niacin sama serumnya, sudah betulkah kak?

    BalasHapus
  87. Halo kak, mau nanya. Setelah pake cosrx ini kan pake hydrating toner, boleh gak dilanjut serum yang ada bha nya juga? Atau serumnya diganti aja dengan yg mengandung niacinamide atau hyaluronic acid gitu?

    BalasHapus
  88. Halo kak aku mau nanya, tolong dijawab ya kak 🥺🙏🏻 setelah pakai toner cosrx aha bha, lalu hydrating toner bisa dilanjutkan dengan serum dan mosturizer niacinamide ga ya kak?

    BalasHapus
  89. Halo kak mau tanya setelah pake toner cosrx aha/bha boleh ngga sih pake moisturizernya yg mengandung niacinamide?

    BalasHapus
  90. Kak mau tanya ak kan punya milia di kelopak mata katanya sih bisa pakai toner cosrx ah/bha ini
    Nah ak bingung rangkaiannya gmna setelah cuci. Muka pakai toner cosrx ini trus selanjutnya pakai apa kak?
    Ak cocok pakai toner nya wardah yg lethening

    Apakah setelah pakai cosrx ini trus lanjut pakai toner wardah?
    Trus untuk serum sama creamnya pakai merek apa?? ? ??

    BalasHapus
  91. Kak ini kalo aku pakenya malam hari aja trus siang nya aku pake toner green tea extract dari produk Larissa gmna ya?

    BalasHapus
  92. Haloo kak, aku mau nanya kalo abis pake tones cosrx aha/bha trs pakai pyunkang yul toner essence trs utk serumnya aku pake i trust nature-licorice serum(shoothing&brightening) itu boleh ngga si?

    BalasHapus
  93. halo kak, kalau abis pake aha bha cosrx ini, terus pake toner yang mengandung niacinamide sama aloe vera yang mengandung niacinamide juga boleh ga? soalnya sempet baca di beberapa artikel katanya aha bha jangan dicampur sama niacinamide. kalau emang gaboleh, biar kulit aku ga kering harus gimana dong?

    BalasHapus
  94. Ka aku pake cosrx salicylic acid face wash - aha bha clarifying toner - centella water free alcohol toner - niacinamide somethinc serum/acne serum scarlett itu boleh?

    BalasHapus
  95. Hallo kak, aku sebelumnya beli toner AHA/BHA, setelah pemakaian 3hari kok kondisi kulit wajahku semakin kering? Kalau fngsinya untuk exflo, apakah kulitku yg sedang kering ini sedang mengalami proses exflo atau karena tidak cocok ya kak? Mohon dijawab ya kak

    BalasHapus
  96. Hallo kak, aku sebelumnya beli toner AHA/BHA, setelah pemakaian 3hari kok kondisi kulit wajahku semakin kering? Kalau fngsinya untuk exflo, apakah kulitku yg sedang kering ini sedang mengalami proses exflo atau karena tidak cocok ya kak? Mohon dijawab ya kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[REVIEW] COSRX Advance Snail 96 Mucin Power Essence. Beres semua bruntusan diwajah!!

Olla guys, beberapa bulan lalu lagi pusing banget masalah bruntusan gak kunjung ilang yang bertebaran di daerah dahi, ditambah lagi kalau kondisi kulit lagi gak sehat, masalah hyperpigmentation suka mucul, kulit kusam dan minyakan kalau lagi banyak beraktivitas di luar ruangan dan bikin uneven skin tone. Kalau yang ngikutin 10 step skin care routine Korea pasti udah pada tau kan ada essence di salah satu stepnya, dan gue keracun Suhay Salim yang bilang si COSRX Advance Snail 96 Mucin Power Essence adalah produk yang rekomen buat menghilangkan bruntusan-bruntusan membandel dan memudarkan kemerahan bekas jerawat. Buat kamu yang asing dan bingung apa sih essence? Penting gak sih dimasukin jadi salah satu rangkaian skincare rutin?? Nah, sebelum nge- review gue mau ngebahas dulu masalah essence ini. Essence itu apa sih?   Awalnya essence ini dipopulerin sama Korea Selatan yang selalu bikin inovasi baru dibidang kecantikan (K-Beauty). Berdasarkan makalah yang ditulis o

[REVIEW] OXY 10 (Acne Pimple Medication) Obat Jerawat Ampuh, uda gak paham lagi!

Olla Guys…. Kali ini gue mau nge-review salep jerawat mujarab ---> OXY 10. Mungkin gak banyak orang tau merk ini, (setau gue sih) kecuali yang emang sering pantengin account online shop kalau ada produk-poduk baru di toko mereka. Gue sendiri tau OXY ya karena sering kepoin account-account online shop skincare , dan dari review nya banyak yang bilang ampuh dan cepet buat ngilangin jerawat. Produk ini keluaran Mentholatum USA, dan OXY ini ada levelnya guys (semacam level chicken wings ).  Images: eBay OXY Cover-up, OXY 5, dan OXY 10 , angka di merk nya itu nandain jumlah persenan Benzoyl Peroxide yang terkandung di dalam produk. OXY 5 (REGULER) artinya mengandung Benzoyl Peroxide sebanyak 5% (yang udah pernah gue bahas di postingan sebelumnya kalau zat ini, adalah one of holy grail yang bisa nyembuhin jerawat) dan cocok untuk jerawat sedang, OXY 10 (MAXIMUM) mengandung Benzoyl Peroxide 10%, untuk jerawat membandel, OXY + Whitening adalah gel anti jerawat memban

SOMEBYMI AHA-BHA-PHA 30 DAYS MIRACLE SERUM [ A Drop of Miracle ]

Olla guys!! Kayak yang dijanjiin minggu kemarin, kalau gue bakal nge-review rangkaian 30 Days Miracle nya SOMEBYMI secara berurutan. So... now wanna talk about a holy grail miracle serum . Yassss.. kepopuleran serum ini udah gak diraguin lagi dan jadi banyak perbincangan para pecinta skincare karena keajaibannya dalam 30 hari memperbaiki kulit. Tapi sebelum gue coba pake sendiri, rasanya agak kurang afdol yaa kan.. .  Jadi, ceritanya sekitaran bulan April kemarin, muka gue lagi break out parah masalah jerawat yang tiba-tiba banyak banget di daerah dagu. Jerawat besar dan kecilpun pada keroyokan dempet-dempetan cari lahan di situ. Karena anaknya tuh gampang tertarik sama iklan-iklan skincare yang bertebaran di instagram, jadilah langsung beli si serum ini.  Kalau kamu punya masalah kulit yang bener-bener ingin kamu perbaiki, kayak keriput, garis halus, bekas jerawat, atau noda hitam, nambahin serum ke ritual skincare harian kamu bisa ngebantu mengatasi semua problem kulit da

[REVIEW] NATURE REPUBLIC VS THE FACE SHOP Aloe Vera Soothing Gel

Olla guys, kali ini gue mau nge- review product yang jadi holy grail banyak orang, yaitu soothing gel aloe vera. Nah, karena yang gue punya NR (Nature Republic) sama TFS (The Face Shop), so gue bakal review si gel cantik dari ke dua brand Korea ini. Gue, pake Nature Republic karena dari sinilah gue tau ada produk skincare berbentuk soothing gel berbasis aloe vera sebagai bahan utamanya. Sebenernya aloe vera sendiri alias lidah buaya, udah sering gue pake buat masker, karena emang banyak banget taneman itu di rumah gue. Gue penasaran dan beli setelah keracunan vidio Youtube nya Suhay Salim, tapi karena harus PO dan nunggu berminggu-minggu gue beli dululah merk The Face Shop pas main ke counter nya karena rasa ketidaksabaran gue yang menggebu-gebu pengen banget nyobain kesaktiannya soothing gel . Terussss... pas paket Nature Republic nya nyampe rasa penasaran gue akan brand satu ini pun semakin mencuat sehingga membuat gue buru-buru pake si Nature Republic.  Kes

Pyunkang Yul Essence Toner [si super hydrates dikala kulit tandus saat bulan puasa]

Olla Guys!! As you know kalau gue cinta mati banget sama hydrating tonernya Klairs dan selalu repurchase . Sampe pada suatu hari, penasaran sama hydrating toner nya Pyunkang gara-gara diracunin sama temen gue sepanjang perjalanan Bandung-Jakarta karena kulit dia better banget setelah pake all seriannya Pyunkang. Kebetulan toner Klairs gue juga udah mau habis, jadilah beli si Pyunkang Yul Essence Toner ini. Toner Pyunkangpun baru gue pake sekitar 1 bulan sebelum bulan puasa kemarin, karena pemakaian yang rutin, so bye bye kulit kering akibat dehidrasi!!  Saat bulan puasa, akan ada beberapa masalah kulit yang muncul seperti kusam, pecah-pecah, dan kasar. Hal ini disebabkan dari kurangnya asupan cairan dalam tubuh selama berpuasa. Pada hari biasa, cairan akan keluar melalui buang air kecil ataupun keringat. Pada saat itu, cairan yang hilang akan digantikan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi pada saat itu juga. Beda halnya selama lagi puasa, cairan yang hilang engga bisa

[REVIEW] NATURE REPUBLIC SOOTHING & MOISTURE ALOE VERA 90% TONER Another best seller from Nature Republic

Olla Guys, review kali ini gue akan ngebahas tentang Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 90% toner . Toner ini salah satu best selling nya dari Nature Republic buat pecinta skincare di Indonesia, and… as usual tetep ya Aloe Vera. Gue suka sama produk-produk NR sih karna selama ini kulit gue bisa menerima dengan baik, dan gak ada masalah setelah pake. Hydrating toner ini diformulasiin dengan ekstrak aloe vera yang alami dan cepet banget nyerep ke kulit wajah, menenangkan dan melembapkan kulit, serta jadi step penting sebelum melakukan next skincare dan juga make up, karna setelah pake toner ini, bakalan mempermudah skincare selanjutnya dan juga make up ke apply dengan baik ke kulit wajah. Soothing & Moisture Aloe Vera 90% Toner ini punya formula ringan tanpa lemak yang bebas dari 6 bahan berbahaya seperti paraben, pewarna buatan dan minyak mineral, ini sangat memberikan nutrisi secara efektif dan memberi efek dingin pada kulit. Toner ini di kemas

SOME BY MI AHA-BHA-PHA 30 DAYS MIRACLE CREAM [Cream Super Legittt!!!] 🌱

Olla Guys, masih belum move on nih sama rangkaian 30 Days Miracle nya Some By Mi dan kali ini gue bakal review Some By Mi 30 Days Miracle Cream. Okeee, ini bakalan jadi review simple aja, berhubung ingredients cream ini memper-memper sama serum dan tonernya. So, awalnya gue beli cream ini karena emang sepenasaran itu sama rangkaian 30 Days Miraclenya Some By Mi waktu itu muka gue juga lagi breakout dan gue ngerasa kayak butuh pertolongan pertama di muka gue. Some By Mi sendiri mengklaim kalau produknya gak mengandung animal ingredients apapun, cruelty free brand dan gak melalui animal testing . Produk ini bisa digunain pada usia berapapun, kecuali balita yaa, dapat digunain untuk semua jenis kulit, dan katanya siiiih aman untuk ibu hamil, karena Some By Mi ngebuat produk ini tuh dengan ingredients yang seaman mungkin dan meminimalisir banget penggunaan ingredients yang too harsh buat kulit. Cream ini punya fungsi untuk "MENGUNCI" semua ingredients pada sk

SOME BY MI TRUECICA 100 CALMING SUNCREAM [I scream for suncream!!!]

Olla Guys!! Udah lama gak bikin review nih, kali ini tiap minggu gue bakal runut nge- review tentang one brand yang lagi gue pake, karena kemarin belinya sepaket, jadi bakal review sekalian secara berurutan.  First of all , yang bakal dibahas, kayak judulnya yaitu SOME BY MI Truecica Mineral 100 Calming Suncream. Sebelumnya sunscreen yang gue pake itu bikin greasy overwhelming banget kalo di apply , dan karena gue lagi coba rangkaian 30 Days Miracle nya Some By Mi, jadi begitu habis sunscreen merk sebelumnya, gue langsung beli sunscreen nya Some By Mi ini.  Kalau bahas mengenai  sunscreen, seberapa aware sih kalian pake tabir surya tiap harinya? Atau ada yang cukup pake foundation or BB cream yang mengandung SPF trus udah.... bakal nge protect kulit kalian dari paparan sinar matahari. Its a BIG NO NOOO GIRLS!!! APA PENTINGNYA MENGGUNAKAN SUNSCREEN SETIAP HARI?  Indonesia terletak di daerah sekitar ekuator, pas banget di tropical belt nya (sekitar sabuk tropis

[REVIEW] KLAIRS SUPPLE PREPARATION FACIAL TONER. Super Moisture!!!

Olla guys, akhir-akhir ini udara Bandung lagi gak nyantai, kalau siang panas banget, sedangkan kalo pagi sama malem suhu nya bisa sampe 13 derajat. Bikin kulit muka super kering apalagi di daerah pipi kerasa banget keringnya. Kemarin pas ke Korea, gue beli Klairs Supple Preparation Toner karena keracunan vidionya Wishtrend dan akhirnya baru di unboxing dan dipake. Si supple prep toner dari Klairs ini punya history yang bagus banget di kancah per- skincare an. Sempet jadi best toner 2015-2017 versi Soko Glam, Beauty Shortlist Awards, Glowpick dll.  Produk ini mengklaim bisa menyeimbangkan ph kulit, melembapkan, dan mengurangi peradangan pada kulit. Kulit bersinar lebih cerah dengan retensi kelembaban yang tinggi. Klairs Supple Preparation Toner ini dapat menghidrasi kulit lebih dari 20% dibandingkan toner lainnya. Buat kalian mungkin ada yang udah pake toner dari jaman SMP atau SMA tapi ya asal beli aja dan gak tau kegunaannya apaan, so... sebelum gue masuk ke review, gue